Alat Cek Asam Urat (Nesco dan Easy Touch)

Alat cek asam urat digunakan untuk mengukur kadar asam urat dalam darah. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena gangguan metabolisme sehingga zat purin di dalam tubuh menumpuk. Zat purin diperoleh dari makanan atau sisa pemecahan sel dalam darah. Penyakit asam urat menjadi penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat berusia lanjut. Penumpukan purin di dalam tubuh membuat gangguan terhadap metabolisme tubuh dan mengganggu kesehatan seseorang. Zat purin sebenarnya ada di setiap bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup. Secara tidak langsung proses transportasi atau perpindahan zat purin dari tubuh makhluk hidup ke dalam tubuh manusia dimulai saat manusia memakan makhluk hidup seperti hewan atau tumbuhan yang mengandung zat purin. Selain itu, zat purin dihasilkan juga akibat kerusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau bisa karena penyakit tertentu.

alat cek asam urat
Alat cek asam urat beserta strip, jarum, dan lancet

Pada kondisi normal dalam tubuh, asam urat akan dikeluarkan oleh tubuh melalui feses atau urine, tetapi akibat terganggunya ginjal dalam tubuh maka asam urat yang ada dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan melalui ginjal sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat di dalam tubuh. Faktor lain yang menyebabkan penumpukan asam urat di dalam tubuh, yakni karena terlalu banyak mengonsumsi makanan, baik tumbuh-tumbuhan atau hewan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebihan tersebut kemudian akan berkumpul di persendian tubuh kita dan menyebabkan persendian kita menjadi terasa nyeri dan bengkak.

Penumpukan purin di dalam tubuh harus diobati. Pengobatan yang dilakukan terhadap penyakit ini harus dilakukan secara tepat karena apabila tidak ditangani secara tepat, maka dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain dan akhirnya membuat kesehatan tubuh terganggu.

Alat cek asam urat Nesco



alat cek asam urat
Alat cek asam urat merek Nesco


Seiring dengan perkembangan teknologi, pengukuran kadar asam urat dalam darah semakin mudah dilakukan. Seperti menggunakan rapid test (alat uji cepat) yang harganya relatif murah serta mudah digunakan Anda dapat mengukurnya di mana dan kapan saja.



alat cek asam urat
Strip cek asam urat merek Nesco



Salah satu alat pengecek ialah alat cek multi fungsi GCU (glucose, cholesterol, uric) merek Nesco meskipun awam dalam bidang kesehatan, Anda dapat dengan mudah menggunakannya.

Alat cek asam urat ini selain mengukur kadar asam urat dalam darah, dapat juga digunakan untuk mengecek kadar gula (glucose) dan kolesterol (lemak darah).

Alat cek asam urat Easy Touch



alat cek asam urat
Alat cek asam urat merek Easy Touch


Pilihan lainnya untuk alat tes kadar asam urat dalam darah adalah merek Easy Touch. Seperti halnya merek di atas, alat ini dapat juga digunakan untuk mengukur 3 zat dalam darah yaitu asam urat, kolesterol, dan gula darah.

Kedua alat di atas bergaransi seumur hidup artinya jika terjadi kerusakan akan diperbaiki secara gratis dan apabila tidak dapat diperbaiki akan diganti dengan alat yang baru. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan jaminan purna jualnya.

Strip asam urat


alat cek asam urat
Strip cek asam urat merek Easy Touch


Untuk melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah dengan menggunakan alat cek merek Easy Touch, Nesco maupun merek lainnya diperlukan strip asam urat. Strip ini berfungsi untuk menampung sampel darah yang akan diukur kadar asam uratnya. Bentuknya semacam kertas berisi rangkaian elektronik berukuran kecil.

Cara menggunakan strip asam urat:

  1. Buka cup/wadah stripnya, keluarkan strip lalu segera tutup kembali. Usahakan sesingkat mungkin cup tersebut terbuka supaya sesedikit mungkin terpapar udara dan cahaya karena barang ini sangat sensitif;
  2. Segera pasang ke alat cek, tunggu hingga alat cek asam uratnya aktif secara otomatis;
  3. Teteskan sampel darah pada tempat yang tersedia dan tunggu hasil pengukurannya.

Tips menyimpan dan menggunakan strip cek darah:

  1. Usahakan sesingkat mungkin cup wadah strip dalam kondisi terbuka. Artinya buka langsung tutup kembali dan jangan biarkan strip berada di luar wadah terlalu lama. Hal ini dapat mengakibatkan hasil pemeriksaan menjadi tidak akurat, biasanya cenderung lebih rendah;
  2. Pastikan strip digunakan maksimal 3 bulan setelah dibuka pertama kalinya meskipun masa kedaluwarsanya masih lama karena dapat hal ini bisa mengakibatkan hasil pengukuran tidak akurat dan cenderung rendah;
  3. Pastikan Anda menggunakan strip yang belum kedaluwarsa;
  4. Jangan menggunakan strip yang sudah terpakai. Jika gagal satu kali harus dibuang dan gunakan strip baru untuk pemeriksaan ulang.

Tips di atas berlaku untuk semua merek, jenis strip, dan untuk semua jenis pemeriksaan darah seperti kolesterol, gula darah, asam urat maupun yang lainnya.

Solusi Mengatasi Asam Urat

Pada umumnya solusi untuk mengatasi penyakit asam urat dilakukan dengan cara mengatur asupan makanan yang kita makan sehari-hari. Batasi makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Seperti yang kita ketahui, makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan terjadinya kesemutan dan linu, rasa nyeri terutama pada malam hari atau pagi hari saat kita terbangun dari tidur, pembengkakan pada sendi serta kemerahan, perasaan panas dan nyeri yang luar biasa yang dirasakan pada malam dan pagi hari. Untuk mengurangi atau mencegah hal ini terjadi, maka pengontrolan terhadap makanan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi penyakit ini.

Selain itu, terdapat cara lain untuk mengatasi penyakit ini, yaitu melakukan pengobatan hingga kadar asam urat dalam tubuh kembali normal. Umumnya kadar normalnya ialah 2, 4 hingga 6 untuk wanita dan 3 hingga 7 untuk pria. Salah satu solusi mengatasi penyakit ini ialah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Minum air putih yang banyak akan membantu membuang zat purin yang terkandung di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, zat purin dalam tubuh dapat dibuang melalui feses maupun urine sehingga dengan meminum banyak air putih dapat melarutkan zat purin dan dibuang bersamaan dengan feses ataupun urine.

Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi penyakit ini pada umumnya dengan cara mengonsumsi obat-obatan kimia yang mampu menurunkan zat purin dalam tubuh. Salah satu contoh obat yang biasa dikonsumsi untuk mengobati penyakit ini ialah allopurinol. Namun, untuk mengonsumsi obat-obatan ini, pasien diharuskan meminum air putih yang banyak agar proses pembuangan zat purin di dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar.


Oleh: Latif Indra
Editor: Adrie Noor
Sumber: dari berbagai sumber



Terima kasih untuk Like/comment FB :