Terapi Asam Urat Cara Tradisional

Terapi asam urat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang digunakan sebagai terapi asam urat ialah dengan mengonsumsi obat-obatan. Obat-obatan yang dapat dikonsumsi dapat berupa obat farmakologis ataupun obat-obat tradisional yang dibuat dari bahan herbal. Pada umumnya penderita penyakit asam urat akan menggunakan terapi berupa pengobatan yang telah diresepkan oleh dokter. Namun, tak jarang banyak penderita asam urat lainnya yang memilih terapi asam urat dengan menggunakan obat tradisional. Obat tradisional ini berbahan dasar herbal yang umumnya diambil dari tanaman.



terapi asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Terapi Asam Urat Tradisional

Terapi asam urat tradisional dapat dibuat dari berbagai bahan tanaman herbal. Salah satu tanaman yang paling sering digunakan sebagai terapi asam urat tradisional ialah daun salam. Daun salam memiliki kandungan senyawa seperti minyak atsiri, tannin, dan flavanoid yang berperan dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, daun salam dapat juga   menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun salam sebagai terapi asam urat dapat dibuat dengan cara daun tersebut direbus bersamaan dengan air secukupnya. Kemudian biarkan rebusan daun salam tersebut mendidih sampai tersisa setengahnya. Apabila sudah mendidih dan tersisa setengah dari air rebusan tersebut maka air rebusan tersebut dapat diminum. Agar mendapatkan hasil yang optimal, dianjurkan untuk meminum air rebusan ini sebanyak satu sampai dua kali sehari secara teratur.

Selain daun salam, bahan herbal lain yang dapat dijadikan sebagai terapi asam urat tradisional ialah dengan buah mengkudu. Buah mengkudu selain dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dapat juga   menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Cara membuat terapi asam urat dai bahan buah mengkudu ini dilakukan dengan cara membuat jus yang berasal dari buah mengkudu. Satu buah mengkudu di blender, kemudian disaring dan diambil sarinya. Air sari dari buah mengkudu tersebut diminum setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain dari buah mengkudu, bahan herbal yang dapat dijadikan sebagai terapi asam urat lainnya yaitu berasal dari temulawak. Temulawak memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Temulawak dapat diolah menjadi suatu ramuan herbal. Cara membuat ramuan herbal yang berasal dari temulawak ini ialah dengan menyiapkan temulawak sebanyak 30 gram. Kemudian temulawak tersebut dikupas dan diiris tipis. Setelah diiris-iris direbus dengan menggunakan air sebanyak 600 cc. Setelah itu masukkan daun dewa sebanyak 15 gram yang sudah dicuci sebelumnya. Kemudian rebus semua bahan sampai air rebusan tersebut mendidih dan tersisa hingga 200 cc air rebusan. Setelah itu saring dan ambil sari dari air rebusan tersebut, lalu minum airnya. Agar hasilnya optimal maka langkah ini dapat dilakukan setiap hari.

Masih banyak bahan herbal yang dapat dijadikan terapi asam urat tradisional. Pada umumnya ke semua obat tradisional yang berbahan dari bahan herbal atau alami dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit asam urat tanpa memberikan efek samping yang berarti, bahkan untuk penggunaan jangka waktu yang lama. Namun, sangat penting diketahui bila menggunakan obat tradisional untuk mengobati penyakit asam urat dilakukan juga bersamaan dengan pemantauan kadar asam urat secara berkala. Pemantauan kadar asam urat secara berkala dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan kadar asam urat darah. Pengecekan kadar asam urat darah dapat dilakukan dengan alat cek asam urat.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com dan sehatcenter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :