Tanda Asam Urat Tinggi Pada Tubuh

Tanda asam urat paling umum ditandai dengan adanya nyeri pada daerah persendian. Nyeri ini dapat bersifat sementara atau menetap. Nyeri yang bersifat sementara merupakan tanda asam urat awal yang terjadi, sedangkan nyeri yang bersifat menetap merupakan tanda asam urat kronik atau sudah lama terjadi. Tidak semua orang yang menderita penyakit asam urat merasakan gejala asam urat yang sama. Terkadang terdapat orang dengan penyakit asam urat yang hanya merasakan satu tanda saja. Namun, ada juga orang yang menderita penyakit asam urat yang mengalami beberapa gejala asam urat.



tanda asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco


Tanda asam urat semakin lama akan dirasakan dan semakin berat oleh penderita penyakit asam urat. Mula-mula tanda dari asam urat yang dirasakan oleh penderita penyakit asam urat adalah rasa nyeri pada persendian yang bersifat ringan. Rasa nyeri pada persendian tersebut dianggap sebagai suatu hal yang biasa. Kebanyakan penderita yang merasakan nyeri ini akan menganggap sebagai nyeri keseleo karena sebagian besar rasa nyeri tersebut terjadi pada persendian kaki.

Akibat dari anggapan tersebut, mereka tidak melakukan pemeriksaan lebih lanjut tentang nyeri yang terjadi. Pada akhirnya penyakit asam urat yang sebenarnya diderita sejak awal, baru terdeteksi pada stadium lanjut. Sebenarnya penyakit asam urat dapat terdeteksi secara dini dengan melakukan pemeriksaan kadar asam urat secara berkala. Begitu diketahui kadar asam urat meningkat, maka tindakan pencegahan terhadap kenaikan yang lebih parah lagi dapat dilakukan.

Tanda Asam Urat Tinggi

Tanda asam urat tinggi selain ditandai dengan adanya nyeri pada persendian, juga ditandai dengan adanya peradangan pada persendian. Akibat adanya peradangan pada persendian menyebabkan persendian tersebut menjadi membengkak. Pembengkakan yang terjadi dapat bersifat ringan atau pun berat. Tergantung pada berat ringannya peradangan yang terjadi pada persendian tersebut.

Tanda asam urat tinggi ditandai dengan adanya nyeri persendian dan peradangan pada persendian, terjadi karena adanya penumpukan asam urat pada bagian persendian. Penumpukan asam urat tersebut berupa kristal-kristal tajam sehingga menyebabkan sakit atau nyeri pada daerah persendian.

Tanda asam urat tinggi berupa nyeri pada persendian merupakan tanda paling umum yang dirasakan oleh penderita penyakit asam urat pada waktu pagi hari setelah bangun tidur ataupun pada malam hari saat menjelang tidur. Tanda asam urat ini dapat diredakan dengan beberapa cara, salah satunya ialah dengan menurunkan kadar asam urat darah yang terdapat dalam tubuh. Semakin rendah kadar asam urat maka akan semakin sedikit, bahkan tidak akan ada tanda asam urat tinggi yang dirasakan oleh penderita penyakit asam urat.

Tanda asam urat tinggi tidak dapat menghilang bila dibiarkan. Pada penderita penyakit asam urat, umumnya gejala penyakit asam urat yang dirasakan akan menghilang atau mereda setelah kadar asam urat dalam darah dapat diturunkan. Namun, hal tersebut dapat terjadi sementara. Setelah itu, kadar asam urat dapat meningkat kembali dan gejala penyakit asam urat dapat dirasakan kembali. Untuk itu lebih baik mencegah terjadinya penyakit asam urat sebelum ada tanda dan gejala penyakit asam urat itu sendiri. Cara mencegahnya umumnya dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup sehat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya ialah dengan melakukan olahraga secara rutin, mengatur asupan makanan sehari-hari, dan menghindari segala sesuatu yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :