Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

Sayuran untuk penderita asam urat ialah sayuran yang tidak mengandung purin tinggi. Sayuran untuk asam urat ini tergolong aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Sayuran untuk penderita asam urat tersebut di antaranya ialah belimbing wuluh, sawi putih, sawi hijau, tomat, jahe, kentang, seledri, dan jagung. Itulah sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Adapun sayuran yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat di antaranya ialah kembang kol, bayam, asparagus, buncis, dan jamur. Sayuran tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.



sayuran untuk penderita asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Jenis-jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Berbagai jenis sayuran untuk asam urat dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat karena tidak meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran untuk asam urat dapat juga   menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Jenis-jenis sayuran untuk asam urat yang dapat menurunkan kadar asam urat tersebut di antaranya ialah tomat, brokoli dan mentimun. Ketiga sayuran ini mengandung vitamin C dan dapat bertindak sebagai diuretik atau berfungsi pelancar buang air kecil.

Akibat dari kandungan dari sayuran ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan dalam sayuran tersebut dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan cara membuang kelebihan asam urat dalam tubuh melalui air urine. Di samping itu dengan mengonsumsi sayuran untuk asam urat tersebut dapat meringankan gejala yang dapat ditimbulkan dari penyakit asam urat.  Sayuran untuk asam urat lainnya yaitu sayuran mentah seperti kentang atau jagung. Sayuran ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh apabila dikonsumsi dengan mentah-mentah. Apabila sayuran ini tidak dapat dimakan secara mentah-mentah, maka sayuran tersebut dapat dibuat nasi tim atau dengan cara diuap.

Sayuran untuk penderita asam urat lainnya yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat ialah sayuran yang berdaun hijau. Biasanya pada sayuran yang berdaun hijau juga mengandung vitamin C yang dapat menurunkan kadar asam urat. Sayuran yang berdaun hijau menurunkan kadar asam urat dalam tubuh penderita penyakit asam urat dengan cara membuang kelebihan asam urat tubuh melalui air urine.

Selain itu, kita bisa memakai sayuran kacang panjang perancis untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Kacang panjang perancis ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus kacang panjang perancis. Sebaiknya jus kacang panjang perancis ini dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Perlu diingat, selain mengonsumsi sayuran tersebut, kita tetap memantau kadar asam urat dengan menggunakan alat cek asam urat dengan sampel darah.

Demikianlah beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Bila suatu saat gejala asam urat menyerang, penderita asam urat dapat melakukan langkah seperti beristirahat dengan mengangkat kaki yang mengalami sakit dan hindarkan bagian sendi yang mengalami radang dari benturan. Mendinginkan sendi dengan cara kompres dapat juga   membantu meredakan rasa nyeri. Kompres bisa dilakukan dengan sekantong kacang polong beku atau dengan es yang dibungkus dengan handuk. Kompres sendi tersebut selama dua puluh menit. Jangan menempelkan es langsung ke kulit dan jangan mengompres lebih dari dua puluh menit karena dapat merusak permukaan kulit.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: grosiramazoneplus.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :