Rematik Dan Asam Urat (Obat Pencegah)

Rematik dan asam urat seolah menjadi penyakit yang tidak dapat dipisahkan. Terjadinya asam urat yang tinggi akan menimbulkan penyakit rematik. Rematik dan asam urat menjadi penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat kita. Penyakit ini terjadi sebagian besar karena asupan makanan yang mengandung purin yang tinggi. Makanan yang mengandung purin tinggi menyebabkan kelebihan asam urat di dalam tubuh. Sebenarnya penyakit rematik dan asam urat dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pola hidup sehat yang dapat dilakukan ialah dengan menjaga asupan makanan, yakni  dengan menjauhi makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.



rematik dan asam urat
Alat cek asam urat multi fungsi GCU Easy Touch


Obat Rematik dan Asam Urat

Rematik dan asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena berbagai faktor. Faktor yang menyebabkan penyakit rematik di antaranya ialah keturunan, infeksi, gangguan imunitas, kadar asam urat yang tinggi, dan lain-lain,  sedangkan penyakit asam urat ialah penyakit yang disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi.

Penyakit asam urat dapat juga disebut sebagai penyakit rematik. Namun untuk penyakit rematik belum tentu dapat dikatakan sebagai penyakit asam urat karena belum tentu penyakit rematik diakibatkan karena kadar asam urat yang tinggi. Penyakit rematik dapat disebabkan karena faktor lain. Namun, penyakit rematik dapat juga disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit rematik dan asam urat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Penyakit rematik dan asam urat itu sendiri dapat diobati dengan menggunakan obat rematik dan asam urat. Obat rematik dan asam urat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit tersebut di antaranya ialah:

Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS) 
Obat antiinflamasi nonsteroid atau yang disingkat dengan OAINS termasuk dalam obat yang dapat meredakan sakit yang diakibatkan oleh asam urat yang terjadi. Obat OAINS ini mampu meredakan rasa nyeri yang terjadi dan peradangan yang diakibatkan karena asam urat yang tinggi.

Colchicine
Colchicine termasuk dalam obat pilihan kedua yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam urat dan rematik. Obat ini digunakan apabila obat antiinflamasi nonsteroid tidak dapat digunakan atau obat antiinflamasi nonsteroid tidak memberikan hasil yang diharapkan. Obat ini sebenarnya tidak termasuk dalam obat analgesik atau pereda rasa sakit. Namun, obat ini dapat mengurangi daya kristal natrium urat yang menyebabkan adanya peradangan pada sekitaran sendi atau sinovium sehingga rasa sakit akibat serangan asam urat pun bisa berkurang.

Kortikosteroid
Kortikosteroid merupakan obat yang biasanya diberikan pada penderita penyakit rematik dan asam urat yang sudah tergolong parah. Obat kortikosteroid ini diberikan dalam bentuk suntikan. Obat ini diberikan bila obat lainnya tidak memberikan hasil optimal.

Allopurinol
Allopurinol dapat menghambar enzim yang bekerja mengubah purin menjadi asam urat sehingga kadar asam urat dalam tubuh pun menurun. Dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini biasanya sebanyak 1 kali dalam sehari. Obat ini dikonsumsi sampai dengan kadar asam urat mendekati normal yaitu berada di bawah 360 umol/L atau 6mg/dl. Setelah kadar asam urat sudah tercapai maka kristal – kristal dalam tubuh pada umumnya akan melebur/menghilang seluruhnya dalam waktu 1–2 tahun ke depan.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com, dokita.co dan nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :