Penyebab Penyakit Asam Urat Tinggi

Penyebab penyakit asam urat dapat disebabkan karena asupan makanan yang mengandung purin tinggi. Asupan makanan yang mengandung purin tersebut di antaranya ialah makanan seperti jeroan hewan, sayuran dan buah-buahan tertentu, dan sebagainya. Makanan yang mengandung purin tinggi bisa menjadi penyebab penyakit asam urat yang utama di samping penyebab lainnya. Di dalam tubuh, makanan yang mengandung purin tersebut disintesis menjadi asam urat, jika kadar purinnya tinggi maka asam urat yang terbentuk pun akan berlebih.



penyebab penyakit asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch


Penyebab penyakit asam urat yang berasal dari makanan dapat kita cegah dengan cara menghindari makanan yang mengandung purin tersebut. Dengan menghindari makanan yang mengandung purin tersebut, niscaya penyakit asam urat pun akan terhindar. Selain dengan menghindari makanan yang menjadi penyebab penyakit asam urat, kita juga  dapat mencegah terjadinya penyakit asam urat, yaitu dengan cara melakukan olahraga yang teratur. Dengan melakukan olahraga setiap hari minimal selama lima belas menit, niscaya penyakit asam urat dapat terhindarkan.

Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat

Makanan penyebab penyakit asam urat banyak macamnya. Umumnya makanan ini merupakan makanan yang memberikan rasa lezat dan gurih sehingga kadang kala kita tidak dapat menolak makanan ini. Makanan ini dimasak sedemikian rupa. Namun, kandungan purin di dalam makanan yang tersebut menjadi makanan pantangan yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat.

Makanan penyebab penyakit asam urat di antaranya ialah makanan yang berasal dari jeroan hewan atau bagian dari tubuh seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak; makanan yang tergolong dalam golongan seafood atau hewan laut seperti udang, cumi-cumi, sotong, tiram, remis, kerang, kepiting, ikan sarden; makanan yang tergolong dalam ekstrak daging seperti abon dan dendeng; makanan yang sudah dikalengkan seperti kornet sapi dan sarden; daging-dagingan khususnya daging yang berwarna merah seperti daging sapi, daging kambing, dan daging kuda; daging unggas seperti daging bebek, angsa dan kalkun; tanaman acang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, taoge, dan melinjo; sayur-sayuran tertentu seperti kembang kol, bayam, asparagus , buncis, jamur kuping, daun pepaya, dan kangkung; makanan yang terbuat dari keju, telur, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental; buah-buahan seperti, durian , nanas, dan air kelapa.; akanan yang digoreng atau bersantan; makanan yang kaya akan protein dan lemak; dan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana jenis fruktosa atau pemanis buatan seperti gula, permen, sirup.

Semua makanan tersebut sebaiknya dihindari karena makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui makanan yang menjadi penyebab penyakit asam urat tersebut ialah makanan yang paling banyak disukai karena memiliki rasa yang enak. Rasa yang enak tersebut menjadi alasan banyak orang untuk sulit meninggalkan makanan yang menjadi penyebab asam urat.

Menghindari makanan yang menyebabkan asam urat juga selain dapat dijadikan sebagai cara untuk mengobati penyakit asam urat dapat juga   dijadikan sebagai upaya untuk mencegah penyakit asam urat tersebut bagi Anda yang belum terkena penyakit asam urat, sebaiknya Anda menghindari makanan yang menyebabkan penyakit asam urat ini atau bila mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit atau terbatas. Seperti mengonsumsi makanan dari golongan kacang-kacangan kering dalam jumlah tertentu dan disarankan maksimal 25 gr per harinya.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :