Penyakit Gout dan Faktor Penyebabnya

Penyakit gout adalah nama lain dari penyakit asam urat. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan akibat penumpukan asam urat. Asam urat merupakan limbah yang berasal dari pemecahan zat purin yang terdapat pada sel–sel tubuh. Asam urat tersebut dibuang melalui ginjal. Namun, apabila asam urat yang dibuang lebih sedikit dari jumlah produksinya maka akan menimbulkan sisa-sisa. Sisa asam urat tersebut menumpuk sekitar sendi dalam bentuk kristal–kristal asam urat.



penyakit gout
Alat cek asam urat multi fungsi GCU Nesco



Gejala–gejala penyakit gout antara lain:
  • Timbulnya rasa sakit atau nyeri di bagian persendian;
  • Nyeri tersebut terjadi pada pagi hari atau malam hari;
  • Persendian yang terasa nyeri biasanya terjadi di bagian tangan, kaki, tumit, dan siku;
  • Rasa nyeri timbul berulang–ulang kali;
  • Nyeri yang ditimbulkan bisa membuat penderita mengalami sulit beraktivitas.
 

Faktor Penyebab Penyakit Gout

Penyakit ini terjadi karena beberapa faktor yang bermacam–macam, di antaranya:

Makanan 
Makanan merupakan salah satu faktor penyebab tingginya asam urat. Makanan yang dapat meningkatkan asam urat adalah makanan yang mengandung purin tinggi. Seperti jeroan hewan (hati paru–paru, babat, jantung, otak), makanan laut (kerang–kerangan dan ikan yang berminyak, daging merah (daging babi, sapi, dan kambing). Selain itu, minuman keras dan minuman yang mengandung fruktosa bisa menjadi penyebab penyakit gout.

Genetik
Seseorang yang berasal dari riwayat keluarga yang memiliki penyakit gout, lebih berisiko terkena penyakit ini.

Usia dan jenis kelamin 
Selain genetik faktor lainnya yang tidak bisa dicegah adalah usia dan kelamin. Laki–laki memiliki risiko lebih besar terkena penyakit gout daripada wanita. Namun, apabila wanita sudah masuk dalam masa menopause maka wanita juga memiliki risiko besar terkena penyakit ini.

Masalah kesehatan 
Beberapa penyakit dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit gout, apabila seseorang mengidap penyakit tersebut maka ia memiliki risiko tinggi terkena penyakit ini Masalah kesehatan yang dapat meningkatkan risiko penyakit gout seperti kadar lemak dan kolesterol tinggi, penyakit ginjal, osteoarthritis, diabetes tipe 1 dan 2 serta hipertensi.

Obat–obatan 
Selain makanan, jenis obat–obatan tertentu dapat meningkatkan risiko asam urat, di antaranya niacin (obat untuk mengobati kolesterol tinggi), diuretic (obat untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi serta obat untuk mengobati penumpukan cairan dalam tubuh yang tidak wajar), obat pereda darah tinggi lainnya, dan aspirin.

Mengatasi Penyakit Gout

Mengatasi penyakit gout memiliki dua tujuan yakni, untuk meredakan sakit saat serangan dan mencegah terjadi serangan terjadi kembali.
  1. Saat serangan terjadi. Pada saat terjadi serangan, kompreslah bagian persendian yang terasa sakit dengan es atau bisa juga dengan mengonsumsi obat seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), atau obat lainnya yang disarankan oleh dokter.
  2. Agar serangan tidak terjadi kembali.  Penyakit gout merupakan penyakit yang bisa menyerang berulang–ulang apabila Kadar asam urat penderita dalam keadaan tinggi. Dalam mengatasi penyakit gout agar tidak menyerang berulang–ulang, konsumsilah obat-obatan yang diresepkan dokter atau bisa juga dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti menghindari makanan yang dapat membuat kadar asam urat tinggi, yakni dengan menghindari makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan hewan dan makanan yang dilarang bagi penderita penyakit ini.
       

Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :