Penurun Asam Urat Secara Tradisional

Penurun asam urat yang ampuh dalam mengobati penyakit asam urat dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan penurun asam urat. Obat-obatan penurun asam urat tersebut di dapatkan berdasarkan resep dokter. Selain dengan obat yang diberikan oleh dokter, penurun asam urat yang ampuh lainnya ialah dengan mengonsumsi obat-obatan herbal atau obat tradisional. Obat herbal ini telah dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga terkadang obat herbal ini menjadi alternatif pilihan untuk melakukan pengobatan terhadap penyakit asam urat.



penurun asam urat
Alat cek asam urat multi fungsi GCU Nesco



Penurun asam urat sebenarnya tidak memerlukan biaya yang mahal, yakni dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini pola hidup sehat yang dapat menurunkan kadar asam urat di antaranya ialah:

Minum air putih yang banyak
Minum air putih yang banyak setidaknya sebanyak 8 sampai dengan 10 gelas setiap harinya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, dengan meminum air putih yang banyak dapat menjaga tubuh agar memiliki cairan yang cukup serta menjaga air urine tetap encer dan tidak pekat. Dengan meminum air putih yang banyak dapat mencegah terbentuknya kristal asam urat.

Mengurangi makanan yang mengandung purin tinggi
Makanan yang mengandung purin tinggi merupakan makanan yang menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh dapat meningkat. Selain itu, makanan yang mengandung purin tinggi seperti hati, ginjal, otak, juga daging merah, alkohol, bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan jamur, harus dihindari sebaik mungkin.

Buah ceri
Memakan buah ceri dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Buah ceri mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Meminum cuka apel organic
Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau ACV) yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Menurut Baroody dan Youngs dalam The pH Miracle, meskipun ACV mengandung asam asetat, ini membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut. Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

Mengonsumsi  makanan ataupun suplemen vitamin C
Meningkatkan konsumsi vitamin C membantu mengurangi kadar asam urat. Contoh makanan yang mengandung vitamin C ialah buah jeruk, buah tomat, buah jambu, dan sebagainya. Namun, ketika mengonsumsi vitamin C harus disertai dengan minum air yang banyak, minimal 8 sampai 10 gelas air putih setiap harinya.

Obat Tradisional Penurun Asam Urat

Obat tradisional penurun asam urat dapat dibuat dari tanaman yang berkhasiat dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Obat tradisional penurun asam urat memiliki kandungan atau senyawa yang terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Berikut ini beberapa tanaman yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah, di antaranya ialah:

Cengkih dan ubi jalar
Cara membuat ramuan dari bahan ini, siapkan 1 jari kayu manis, 5 butir cengkih, 5 gram biji pala, 15 gram jahe merah, 1000 ml air, 5 butir kepulaga, dan 200 gram ubi jalar. Caranya semua bahan direbus dengan 1000 ml air, lalu didihkan hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya. Namun, untuk ubi jalar sendiri bisa Anda konsumsi secara langsung (dimakan).

Daun Salam
Cara membuat ramuan dari daun salam, yakni rebus 10 lembar daun salam yang sudah dibersihkan ke dalam 2 gelas air, lalu didihkan hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya secara rutin, sebanyak 2 kali sehari.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: disehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :