Pemicu Asam Urat Tinggi Pada Tubuh

Pemicu asam urat bisa berasal dari faktor dalam maupun luar. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh menyebabkan penyakit asam urat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Tingginya kadar asam urat menyebabkan penumpukan asam urat di dalam darah yang menjadi pemicu asam urat. Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Apabila asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari yang diproduksi, hal tersebut menyebabkan penumpukan asam urat yang akan mengalami pengkristalan natrium urat di bagian sendi sehingga menyebabkan terganggunya lapisan lunak sendi dan menyebabkan peradangan yang menyebabkan rasa sakit pada sendi tersebut.

pemicu asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Hal-hal yang Menjadi Pemicu Asam Urat

Berikut ini beberapa hal yang memicu terjadinya asam urat. Di antaranya ialah:

Minuman keras pemicu dari asam urat
Minuman keras dapat menjadi salah satu pemicu asam urat. Apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman keras, hal tersebut menyebabkan peningkatan produksi asam urat di dalam hati dan minuman keras juga menyebabkan pembuangan asam urat melalui urine akan berkurang sehingga hal tersebut menyebabkan asam urat yang tersisa mengalami pengkristalan dalam tubuh. Maka dari itu, kurangilah mengonsumsi minuman keras jika Anda ingin terhindar dari penyakit asam urat.

Makanan pemicu asam urat 
Makanan yang dapat menjadi pemicu asam urat yaitu makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Contoh makanan yang menjadi pemicu asam urat antara lain: Makanan laut (kerang-kerangan dan ikan yang berminyak); Jeroan (jantung, ginjal, otak, dan hati); Daging merah (daging babi, sapi, dan kambing).

Minuman dengan kadar gula tinggi 
Minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi merupakan salah satu pemicu asam urat. Menurut sebuah penelitian, minuman yang mengandung gula seperti fruktosa dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat.

Obat-obatan pemicu dari asam urat 
Obat-obatan juga bisa menjadi pemicu asam urat. Beberapa jenis obat tertentu yang dapat menjadi pemicu asam urat di antaranya:
  • Obat-obatan pereda tekanan, seperti obat penghambat saluran kalsium, obat penghambat enzim pengubah angiotensin, dan obat penghambat beta;
  • Niacin yaitu obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi;
  • Aspirin;
  • Diuretik atau pil air, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga mengobati penumpukan cairan di dalam tubuh yang tidak wajar.

Riwayat kesehatan keluarga 
Pemicu dari asam urat berikutnya, yaitu riwayat kesehatan keluarga. Sebuah penelitian menyatakan bahwa penyakit asam urat merupakan penyakit turunan. Apabila salah satu anggota keluarga memiliki asam urat, maka tidak menutup kemungkinan anggota keluarganya yang lain mengalami asam urat juga.

Hal di atas merupakan faktor pemicu terjadinya penyakit asam urat. Namun, tidak semua terjadinya asam urat berdasarkan faktor tersebut, bahkan ada faktor lain. Dalam beberapa kasus, ada penderita memiliki kadar asam urat yang tinggi, tetapi tidak terbentuk kristal-kristal asam urat pada persendian mereka. Maka dari itu, sebaiknya kita mencegah penyakit asam urat ini dengan menjauhi segala sesuatu hal yang menjadi pemicunya. Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit asam urat.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :