Pemeriksaan Asam Urat dengan Alat Tes

Pemeriksaan asam urat dapat dilakukan dengan alat tes asam urat. Alat tes untuk pemeriksaan asam urat digunakan dengan menggunakan sampel darah perifer. Cara menggunakan alatnya pun cukup mudah, hanya dengan menaruh sampel darah pada strip tes asam urat dan memasukkannya ke dalam mesin alat ukur asam urat, maka hasil pengukuran dari kadar asam urat pun dapat diketahui dalam waktu beberapa detik. Umumnya pemeriksaan asam urat dengan menggunakan alat tes asam urat dapat dilakukan sendiri apabila kita sudah mengerti cara penggunaannya.



pemeriksaan asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Pemeriksaan asam urat sebaiknya dilakukan secara berkala terutama bagi pasien yang menderita penyakit asam urat. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya dalam memonitor kadar asam urat yang dimiliki oleh pasien tersebut karena dengan memonitor kadar asam urat tersebut, apabila hasil pengukuran mendekati nilai normal dari kadar asam urat, maka terapi yang dilakukan pun dapat dihentikan terlebih dahulu. Pengontrolan kadar asam urat selanjutnya dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Alat Pemeriksaan Asam Urat

Alat pemeriksaan asam urat dapat digunakan untuk memeriksa kadar asam urat dalam darah. Alat pemeriksaan asam urat ini bersifat modern karena hasil dari pengukuran kadar asam urat dapat terlihat langsung melalui layar monitor mesin alat pemeriksaan asam urat. Alat pemeriksaan asam urat dapat juga   mengukur kadar asam urat dalam tubuh secara akurat bergantung pada kualitas dari alat tersebut.

Kualitas dari alat untuk mengukur kadar asam urat bermacam-macam. Ada yang berkualitas yang standar, bahkan ada pula yang berkualitas tinggi. Tentunya semakin tinggi kualitas alat tes asam urat yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula harga jualnya.

Untuk menilai bagus tidaknya kualitas dari alat tes asam urat ini, dapat dilihat dari akurasi pengukuran kadar asam urat, kualitas strip tes, dan hasilnya. Akurasi suatu alat tes asam urat ini umumnya menjadi pertimbangan pertama dalam hal memilih alat pemeriksaan asam urat karena apabila suatu alat tidak akurat dalam melakukan pengukuran kadar asam urat maka akan memberikan penilaian dan penatalaksanaan yang salah. Tentunya penilaian dan penatalaksanaan yang salah ini akan berdampak buruk bagi kesehatan penderita penyakit asam urat ini.

Selain itu, kualitas dari alat strip tes juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih alat tes asam urat. Strip tes yang berkualitas dapat bertahan lama walaupun tidak digunakan. Selain itu, strip tes tidak akan terpengaruh oleh zat lain yang ada dalam darah. Hasil pembacaan dari alat tes asam urat dapat juga   menjadi pertimbangan untuk memilih alat tes asam urat. Hasil pembacaan ini dapat kita ketahui bila kita melakukan uji coba. Misalnya saja melakukan beberapa kali pengetesan dengan menggunakan beberapa alat tes asam urat dan membandingkannya dengan hasil dari pemeriksaan laboratorium. Alat yang baik akan menghasilkan hasil pembacaan yang tidak akan terlalu jauh bedanya dengan hasil dari pemeriksaan laboratorium.

Alat tes asam urat sebaiknya dimiliki oleh penderita penyakit asam urat untuk memantau kadar asam urat dalam tubuh secara rutin karena untuk melakukan terapi harus disertai dengan pemantauan kadar asam urat. Apabila hasil pengukuran kadar asam urat mendekati normal, maka terapi dapat dihentikan.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: asamurat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :