Pantangan Untuk Asam Urat (Jenis Makanan)

Pantangan untuk asam urat umumnya berupa asupan makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita penyakit asam urat. Pantangan untuk asam urat ini sebaiknya dipatuhi sebagai upaya agar kadar asam urat dalam darah tidak meningkat. Pada umumnya makanan pantangan untuk asam urat ialah makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi karena makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi dapat diubah menjadi asam urat yang tinggi pula di dalam tubuh. Sehingga makanan ini menjadi makanan yang wajib dihindari oleh penderita penyakit asam urat.



pantangan untuk asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Makanan Pantangan Untuk Asam Urat

Makanan pantangan asam urat ialah makanan yang mengandung purin tinggi. Berikut ini contoh makanan yang menjadi makanan pantangan bagi penderita asam urat, di antaranya ialah:
  • Makanan yang berasal dari jeroan hewan seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak;
  • Makanan yang berasal dari seafood seperti udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden;
  • Makanan yang berasal dari ekstrak daging seperti abon dan dendeng;
  • Makanan yang berasal dari makanan yang sudah dikalengkan seperti kornet sapi, sarden;
  • Makanan yang berasal dari daging yang berwarna merah seperti daging kambing, daging sapi, dan daging kuda;
  • Makanan yang berasal dari hewan unggas seperti bebek, angsa dan kalkun;
  • Makanan yang berasal dari kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, taoge, melinjo, emping;
  • Makanan yang berasal dari sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung;
  • Makanan yang berasal dari keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental;
  • Makanan yang berasal dari buah-buahan tertentu misalnya seperti durian, nanas dan air kelapa;
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega;
  • Makanan yang kandungannya kaya akan protein dan lemak.

Makanan pantangan untuk asam urat tersebut sebaiknya dijauhi oleh kita sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat atau untuk menurunkan asam urat. Selain makanan yang dipantang terdapat makanan yang justru dijadikan sebagai makanan yang dianjurkan untuk asam urat. Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang. Selain itu, dianjurkan juga untuk mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya, dan stroberi.

Selain buah yang mengandung vitamin C, terdapat buah dan sayur lain yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat karena dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Buah dan sayuran yang dimaksud ialah buah naga, belimbing waluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai, dan tomat.

Penderita penyakit asam urat juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti, dan ubi. Namun, dianjurkan juga untuk mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup.

Penderita asam urat harus menghindari obat pantangan seperti obat aspirin. Obat aspirin ini bila dikonsumsi justru dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Ada juga aktivitas yang menjadi pantangan untuk asam urat ialah bekerja terlalu keras atau lelah. Oleh karena itu, sesuaikan asupan makanan dengan kebutuhan energi kita sehari-hari. Jangan sampai asupan makanan kita berlebih ataupun kurang. Jadi, asupan makanan yang kita makan haruslah seimbang.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: inkesehatan.blogspot.co.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :