Pantangan Penyakit Asam Urat (Makanan)

Pantangan penyakit asam urat bisa berupa pantangan makanan ataupun aktivitas yang dilakukan. Namun, pada umumnya pantangan penyakit asam urat berupa pantangan makanan karena pada umumnya penyebab asam urat di dalam tubuh ialah asupan makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan yang mengandung purin tinggi menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh ikut meningkat. Purin di dalam tubuh diubah menjadi asam urat yang kemudian dibuang bersama urine melalui ginjal. Bila purin tinggi maka asam urat yang dibentuk pun akan berlebih.



pantangan penyakit asam urat

Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch



Pantangan penyakit asam urat ini sebaiknya dihindari terutama oleh penderita asam urat agar kadar asam urat dalam tubuhnya tidak meningkat. Peningkatan kadar asam urat pada penderita penyakit asam urat dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lainnya. Komplikasi penyakit yang dapat timbul pada penderita penyakit asam urat ialah kerusakan pada ginjal dan batu ginjal.

Pantangan penyakit asam urat berupa makanan terutama harus menghindari makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Salah satu contoh makanan yang mengandung purin tinggi ialah jeroan hewan. Jeroan hewan ini mutlak harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat. Walaupun memakan jeroan hewan tersebut sedikit. Namun, apabila dikonsumsi oleh penderita asam urat maka dapat memperparah gejala penyakit asam urat yang timbul. Gejala penyakit asam urat yang timbul dapat berupa nyeri pada persendian, peradangan pada persendian, bahkan pembengkakan pada bagian persendian.

Makanan Pantangan Penyakit Asam Urat

Makanan pantangan penyakit asam urat dapat berasal dari hewan maupun tumbuhan. Utamanya makanan dari hewan dan tumbuhan yang mengandung zat purin yang tinggi menjadi makanan yang sangat tidak dianjurkan dikonsumsi terutama oleh penderita penyakit asam urat. Makanan yang perlu dihindari ini sebenarnya merupakan makanan yang sering kita masukkan dalam menu makanan kita sehari-hari. Misalnya saja makanan yang dibuat dari jeroan hewan dan sayuran serta kacang-kacangan.

Makanan seperti jeroan hewan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru, dan otak hewan sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit asam urat karena makanan tersebut tergolong dalam makanan yang mengandung zat purin yang tinggi. Selain itu, makanan ini dapat juga   memperparah gejala yang terjadi pada penderita penyakit asam urat.

Selain jeroan hewan, makanan yang berasal dari laut atau seafood seperti kerang, udang, cumi, dan kepiting memiliki kandungan purin yang tinggi. Makanan ini sering kita jumpai di warung makanan seafood dan makanan ini biasanya menjadi menu utama yang disajikan di warung makanan seafood. Namun, untuk penderita asam urat sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ini.

Makanan selanjutnya adalah daging yang berwarna merah, makanan yang dikalengkan seperti kornet dan sarden juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Telur dan kuah daging yang kental pun menjadi makanan yang dilarang untuk penderita penyakit asam urat. . Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai termasuk hasil olahannya, tauge, melinjo, dan emping mengandung purin tinggi sehingga makanan ini dilarang bagi penderita penyakit asam urat.

Bukan hanya daging-dagingan dan kacang-kacangan, makanan yang mengandung purin juga terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Contoh makanan yang berasal dari sayuran dan mengandung purin tinggi ialah daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, dan buncis, sedangkan contoh dari buah-buahan ialah buah durian, alpukat, nanas, dan air kelapa.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :