Obat Sakit Asam Urat Tradisional (Herbal)

Obat sakit asam urat yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat ialah obat yang tergolong dalam obat antiinflamasi dan obat analgesik. Obat antiinflamasi dan obat analgesik ini sering digunakan oleh penderita penyakit asam urat karena gejala penyakit asam urat yang paling sering muncul ialah peradangan dan rasa sakit pada bagian persendian sehingga obat sakit asam urat yang paling sering digunakan ialah obat antiinflamasi dan obat analgesik.



obat sakit asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch



Obat sakit asam urat dapat juga   berasal dari bahan herbal atau obat tradisional. Obat tradisional yang sering digunakan untuk mengobati asam urat ialah obat tradisional yang terbuat dari bahan daun salam. Daun salam selain dapat digunakan untuk pengobatan penyakit tekanan darah tinggi dapat digunakan juga untuk mengobati penyakit asam urat. Daun salam memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Di dalam daun salam terkandung senyawa seperti tannin, minyak atsiri dan flavanoid. Cara membuat obat dari daun salam tersebut ialah dengan cara merebus daun salam tersebut bersamaan dengan air secukupnya. Kemudian biarkan air daun salam tersebut mendidih sampai tersisa setengahnya. Setelah itu, biarkan dingin dan minum air rebusan daun salam tersebut. Agar mendapatkan hasil yang optimal air rebusan daun salam tersebut diminum setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Obat Sakit Asam Urat Tradisional

Obat sakit asam urat tradisional selain dapat dibuat dari daun salam dapat juga dibuat dari bahan lainnya. Bahan lain yang dapat dibuat menjadi obat sakit asam urat tradisional ialah jahe, cengkih, daun sirsak, dan sebagainya. Ke semua obat sakit asam urat tradisional ini efektif dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh ataupun mengurangi gejala yang diakibatkan dari penyakit asam urat. Obat sakit asam urat tradisional asam urat ini akan bekerja secara optimal bila digunakan secara rutin setiap hari.

Obat sakit asam urat tradisional tidak menimbulkan efek samping yang besar, bahkan obat tradisional asam urat ini memiliki efek samping yang minimal sampai dengan tidak menimbulkan efek samping walaupun digunakan setiap hari. Namun, sebaiknya walaupun menggunakan obat sakit asam urat tradisional, penderita tetap memantau kadar asam urat secara berkala. Pemantauan kadar asam urat pada penderita penyakit asam urat dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengecek asam urat.

Berikut ini beberapa obat sakit asam urat tradisional di antaranya ialah:

  • Jahe dan Cengkih 
Jahe dan cengkih menjadi salah satu tanaman yang paling sering digunakan sebagai obat tradisional dalam mengobati penyakit asam urat. Jahe dan cengkih ini pada umumnya digunakan sebagai obat analgesik yang dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian yang terkena penyakit asam urat. Cara membuat obat tradisional dari jahe dan cengkih ini dapat dilakukan degan memotong jahe sebanyak 2 ruas kemudian jahe tersebut ditumbuk. Begitu pula dengan cengkih, ditumbuk bersamaan dengan jahe. Perbandingan banyaknya cengkih dengan jahe ialah 1:1. Setelah ditumbuk kemudian tempelkan jahe dan cengkih tersebut pada bagian persendian yang dirasakan sakit.  

  • Daun sirsak 
Sama halnya dengan jahe dan cengkih. Obat tradisional yang dibuat dari daun sirsak ini memiliki khasiat sebagai obat analgesik atau pereda rasa sakit. Cara membuat obat tradisional dari daun sirsak ini dilakukan dengan mengambil 8 lembar daun sirsak lalu cuci bersih. Setelah itu haluskan daun sirsak lalu tambahkan  dengan menggunakan air matang secukupnya dan aduk seperti menyerupai adonan daun. Setelah itu, oleskan pada tubuh atau persendian yang dirasakan sakit setiap pagi hari dan sore hari.    


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: deherba.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :