Obat Penyakit Asam Urat dari Generik

Obat penyakit asam urat dapat diperoleh dari dokter. Obat penyakit asam urat ini sangat efektif dalam menurunkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh. Penyakit asam urat itu sendiri terjadi sebagai akibat dari kelebihan kadar asam urat dalam tubuh. Kelebihan kadar asam urat dalam tubuh disebabkan karena salah satunya ialah asupan makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh secara drastis.



obat penyakit asam urat

Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch


Obat penyakit asam urat dapat bersifat paten maupun generik. Namun, keduanya memiliki khasiat yang sama dalam menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Obat penyakit asam urat yang bersifat paten umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan obat asam urat yang bersifat generik. Obat asam urat yang bersifat generik biasanya digunakan dalam program pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan obat asam urat yang bersifat paten diselenggarakan oleh pihak swasta.

Obat Penyakit Asam Urat dari Generik

Obat penyakit asam urat dari generik sebenarnya merupakan sebutan untuk obat asam urat berdasarkan bahan dasar pembuatnya. Berbagai bahan dasar pembuat obat penyakit asam urat yang memiliki efektifitas yang tinggi dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Namun, ada jenis obat tertentu yang dapat menurunkan asam urat, tetapi tidak dianjurkan untuk digunakan karena memiliki efek samping. Obat generik asam urat yang kita kenal di antaranya ialah obat antiinflamasi nonsteroid, obat allopurinol, obat imunorepresif, dan sebagainya.

Obat antiinflamasi nonsteroid berguna dalam mengatasi rasa nyeri yang diakibatkan oleh adanya peradangan pada agian persendian. Obat ini dapat bertindak sebagai pencegah peradangan atau antiradang. Selain itu, ada lagi obat steroid yang berfungsi juga sebagai obat antiradang yang bekerja dnegan menekan reaksi dari imunitas seseorang yang mengonsumsinya. Obat kortikosteroid ini tersedia dalam bentuk tablet atau cairan yang disuntikkan. Obat ini tergolong obat yang aman karena memiliki efek samping sedikit bila digunakan oleh penderita penyakit asam urat.

Selain obat antiinflamasi nonsteroid dan obat kortikosteroid ada lagi obat yang dapat mengubah perjalanan penyakit arthritis reumatoid. Obat ini diberikan ketika orang tersebut divonis mengidap penyakit rematik. Untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan sebagai gejala penyakit asam urat, penderita penyakit asam urat dapat mengonsumsi obat analgesik. Obat analgesik ini dapat mengurangi rasa nyeri terutama rasa nyeri yang terjadi pada bagian persendian, sedangkan obat yang paling terkenal digunakan dalam pengobatan penyakit asam urat ialah obat allopurinol, obat ini digunakan untuk mencegah terjadinya serangan asam urat dengan cara menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Ada lagi obat imunoreperesif yang dapat bekerja dengan menekan reaksi imun sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan sebagai akibat dari penumpukan asam urat dalam persendian. Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan karena penggunaan obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa penyakit kanker. Obat ini bekerja seperti racun untuk organ hati dan ginjal.

Obat penyakit asam urat generik lainnya ialah suplemen antioksidan. Suplemen antioksidan ini dibuat dari bahan sayuran yang mengandung mineral dan vitamin. Biasanya sayuran yang digunakan dalam pembuatan suplemen ini ialah sayuran hijau dan sayuran yang berwarna oranye. Suplemen ini mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :