Obat Herbal Asam Urat dan Kolesterol

Obat herbal asam urat dan kolesterol bisa menjadi pilihan alternatif untuk pengobatan penyakit asam urat dan kolesterol tinggi. Obat herbal asam urat dan kolesterol ini dipercaya dan diwariskan secara turun-temurun untuk mengobati penyakit asam urat. Salah satu bahan obat herbal asam urat dan kolesterol ini ialah daun salam. Adapun bahan herbal lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit asam urat dan kolesterol tinggi ialah tanaman sambiloto, sidaguri, kumis kucing, meniran, dan sebagainya. Tanaman tersebut biasanya dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat dan kolesterol dengan cara diolah terlebih dahulu menjadi air rebusan herbal.



obat herbal asam urat dan kolesterol
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch


Obat herbal asam urat dan kolesterol ini akan bekerja optimal apabila dikonsumsi secara teratur. Selain itu, obat herbal ini bisa dikatakan sebagai obat yang aman untuk dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Namun, sebaiknya ketika mengonsumsi obat herbal ini, alangkah baiknya tetap melakukan pengecekan kadar asam urat dan kolesterol secara berkala. Tujuan dari pengecekan kadar asam urat dan kolesterol ini ialah sebagai upaya untuk memantau penurunan kadar asam urat dan kolesterol secara drastis.

Obat Herbal Asam Urat dan Kolesterol dengan Daun Salam

Daun salam merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi. Daun salam sering kita jumpai sebagai tanaman rempah-rempah untuk paduan bahan masakan. Daun salam ini selain memiliki bau yang khas juga mengandung khasiat lain dalam mengobati penyakit. Daun salam ini dapat dijadikan sebagai obat herbal asam urat dan kolesterol.

Daun salam dapat dijadikan sebagai obat herbal asam urat dan kolesterol karena kandungannya dapat menurunkan kadar asam urat maupun kolesterol di dalam tubuh. Daun salam mengandung senyawa seperti minyak atsiri, tannin, dan flavanoid. Senyawa-senyawa tersebut bertindak sebagai penurun kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh.

Daun salam dikenal dengan nama ilmiah Eugenia Polyanta. Bagian dari daun salam inilah yang memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Daun salam yang digunakan untuk pengobatan penyakit asam urat dan kolesterol biasanya daun muda atau pucuk daun salam. Pucuk daun salam dapat dimakan langsung atau dijadikan lalapan atau dimakan langsung. Selain pucuk daun, daun salam yang sudah tua pun dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit asam urat dan kolesterol. Daun salam tersebut direbus dalam air secukupnya dan biarkan mendidih sampai tersisa setengahnya. Kemudian air rebusan daun salam tersebut di minum setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain daun salam, akar dan batang dari daun salam dapat juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit asam urat dan kolesterol tinggi dalam tubuh. Namun, kandungan senyawanya tidak lebih banyak dibandingkan dengan bagian dari daun salam sehingga bagian dari daun salam yang paling sering digunakan untuk mengobati penyakit asam urat dan kolesterol.

Daun salam selain dapat mengobati penyakit asam urat dan kolesterol tinggi, dapat juga   berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah sehingga daun salam dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi atau hipertensi. Namun, pada umumnya penderita asam urat dan kolesterol biasanya disertai dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi karena  biasanya kolesterol yang ada dalam darah dapat menyumbat aliran darah dan membuat tekanan darah meningkat.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: sehatalamiku.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :