Obat Generik Asam Urat (Kimiawi)

Obat generik asam urat ialah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit asam urat. Obat generik merupakan obat yang telah habis masa patennya sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa harus membayar royalti. Obat generik memiliki manfaat yang sama dengan obat paten. Obat paten sendiri merupakan obat baru yang diproduksi dan dipasarkan oleh sebuah perusahaan farmasi yang memiliki hak paten untuk membuat obat baru tersebut melalui riset atau uji klinis yang dilakukan oleh perusahaan farmasi sesuai dengan aturan yang ditetapkan aturan internasional.



obat generik asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco


Obat generik harganya jauh lebih murah sehingga obat generik terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Murahnya obat generik disebabkan karena perusahaan farmasi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk riset penemuan dan tidak perlu biaya untuk legalisasi obat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang ditimbulkan dari limbah asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Asam urat itu sendiri merupakan limbah yang berasal dari zat purin yang kemudian diolah dalam tubuh menjadi limbah asam urat yang kemudian dibuang melaui ginjal. Namun, apabila asam urat yang terkandung dalam tubuh tersebut terlalu banyak dan ginjal tidak bisa mengeluarkan seluruhnya maka akan terjadi penumpukan, hal tersebut akan membentuk kristal-kristal pada sendi yang akhirnya kristal tersebut akan menimbulkan rasa nyeri.

Penyakit asam urat memiliki gejala–gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita asam urat, seperti terasa sakit, linu, kesemutan, bahkan bengkak pada sendi. Rasa sakit atau nyeri yang dirasakan umumnya terjadi pada pagi hari atau malam hari, nyeri tersebut menyerang berulang-ulang, persendian yang merasakan sakit baisanya di bagian kaki, tangan, tumit dan siku, nyeri yang ditimbulkan bisa membuat penderitanya kesulitan menjalankan aktivitas.

Penyakit asam urat bisa disebabkan berbagai berikut ini:
  • Kelebihan berat badan atau obesitas;
  • Sering atau terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, seperti jeroan hewan;
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras atau beralkohol. Memiliki riwayat hipertensi atau diabetes;
  • Memiliki masalah fungsi ginjal;
  • Seseorang yang berasal dari keturunan asam urat;
  • Jenis kelamin dan umur. Kebanyakan penyakit asam urat ini menyerang laki–laki. Namun, berisiko juga menyerang wanita yang telah memasuki masa menopause.
 

Macam–macam Obat Generik Asam Urat

Penderita asam urat biasanya disarankan untuk meminum obat sesuai dengan resep dokter. Seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), colchicine, kartikosteroid, dan allopurinol. Obat-obat tersebut merupakan jenis–jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat.

Berikut ini merupakan daftar obat generik asam urat beserta penjelasannya:

Obat untuk arthritis rheumatoid 
Obat ini umumnya diberikan pada seseorang yang terserang reumatik tahap awal atau seseorang yang baru terserang reumatik.

Kortikosteroid 
Kortikosteroid merupakan obat generik asam urat yang mampu menekan sistem imun tubuh atau bersifat antiradang.

Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS) 
Obat generik asam urat ini mampu menekan sistem imun tubuh juga mengurangi rasa sakit akibat serangan asam urat.

Allupurinol 
Allupurinol juga merupakan obat generik asam urat. Obat ini mampu menurunkan kadar asam urat dengan cara menurunkan produksi asam urat dengan cara menghambat enzim xantin oksidase.

Benzobromarone
Merupakan obat generik asam urat alternatif yang memiliki masalah dengan fungsi ginjal dan tidak bisa mengonsumsi allupurinol.

Fabuxostat 
Merupakan alternatif lain obat generik asam urat.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: jabar.tribunnews.com, sehatalamiku.com, dietasetceteras.blogspot.co.id.



Terima kasih untuk Like/comment FB :