Menu Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Menu makanan untuk penderita asam urat terdiri dari berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Penderita asam urat harus secara cermat memilih makanan yang akan dikonsumsi karena beberapa makanan dapat memperparah asam urat karena mengandung zat purin tinggi. Menu makanan untuk penderita asam urat ini sebaiknya dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari karena dapat berpengaruh pada pengontrolan dan penurunan kadar asam urat di dalam tubuhnya.



menu makanan untuk penderita asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco


Berbagai Jenis Menu Makanan untuk Penderita Asam Urat

Berikut ini merupakan menu makanan asam urat yang sebaiknya ada dalam menu makan sehari-hari, di antaranya:  
  • Menu makanan untuk penderita asam urat dari buah-buahan
Seperti yang diketahui, buah–buahan merupakan makanan yang dianggap sehat. Oleh karena itu, lebih baik buah-buahan ini dijadikan salah satu menu makanan sehari-hari. Beberapa buah–buahan, bahkan memiliki manfaat sebagai penurun asam urat, seperti buah naga, tomat serta buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan pepaya. Juga konsumsi juga buah–buahan yang mengandung potassium seperti pisang dan tomat. Sebaiknya buah-buahan ini dijadikan menu makanan asam urat yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, ada juga beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat seperti durian, kelapa, dan nanas.  

  • Menu makanan untuk penderita asam urat dari sayur-sayuran
Sayur-sayuran juga merupakan makanan yang dikenal sebagai makanan sehat, beberapa jenis sayuran juga memiliki manfaat dalam membantu asam urat seperti belimbing waluh, jahe, sawi hijau, sawi putih. Sayur–sayuran tersebut sebaiknya dijadikan menu makanan asam urat harian, karena memiliki manfaat yang baik. Namun, beberapa jenis sayuran sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat seperti bayam, daun singkong, kembang kol, dan kangkung karena makanan tersebut dapat memperparah asam urat.  

  • Menu makanan untuk penderita asam urat dari karbohidrat kompleks
Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh sehingga karbohidrat merupakan makanan yang sering dianggap wajib untuk dikonsumsi sehari–hari. Bagi penderita asam urat sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi atau singkong, gandum. Makanan tersebut sebaiknya dijadikan menu makanan asam urat sehari-hari.  

  • Air mineral
Penderita asam urat sebaiknya mengonsumsi air mineral minimal 2 liter per hari, karena dengan air mineral akan membantu pembuangan asam urat. Sebaiknya hindari minuman keras atau beralkohol serta minuman yang mengandung fruktosa.   Penyakit asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya penumpukan limbah asam urat, yang berasal dari zat purin yang terdapat dalam makanan, yang kemudian asam urat tersebut dikeluarkan melalui ginjal. Namun apabila asam urat yang dikeluarkan melalui ginjal lebih sedikit dibandingkan asam urat yang terkandung dalam tubuh maka asam urat tersebut akan membentuk Kristal pada sendi, yang kemudian Kristal tersebut akan menimbulkan sakit atau nyeri.

Namun selain karena makanan asam urat dapat juga   disebabkan karena, fakor–faktor dibawah ini, di antaranya:  

  • Genetik
Untuk beberapa kasus, orang yang menderita asam urat disebabkan karena berasal dari keluarga yang memiliki riwayat asam urat, untuk itu penyakit asam urat ini dapat disebabkan karena faktor genetik.  

  • Gaya hidup
Gaya hidup yang tidak terkontrol dan sembarangan mengonsumsi makanan merupakan salah satu faktor penyakit asam urat. Konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi menjadi penyebab seseorang terkena penyakit asam urat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa purin merupakan zat yang menimbulkan limbah asam urat. Zat purin merupakan zat yang terkandung dalam makanan yang berasal dari makhluk hidup (hewan atau tumbuhan).  

  • Keadaan medis
Penyakit asam urat ini bisa juga disebabkan karena memiliki riwayat penyakit hipertensi atau diabetes.

  • Obat–obatan tertentu
Jenis obat–obatan tertentu bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit asam urat. Contohnys seperti diuretic, aspirin atau obat hipertensi lainnya. Jadi, bila penderita asam urat ingin mengonsumsi obat–obatan tersebut maka sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.       



Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :