Kolesterol dan Asam Urat Penyebab Komplikasi

Kolesterol dan asam urat merupakan penyakit yang dapat diderita oleh seseorang. Penyakit kolesterol dan asam urat ini menyebabkan berbagai komplikasi yang dapat mengganggu kinerja fungsi tubuh, salah satu di antaranya ialah penyakit batu ginjal atau kencing batu. Batu ginjal atau kencing batu ini dapat terjadi sebagai akibat dari penumpukan kolesterol dan asam urat yang berlebih dalam darah dan mengendap pada ginjal. Akumulasi dari kolesterol dan asam urat dapat berubah menjadi suatu batu yang sering kita sebut dengan batu ginjal.

Kolesterol dan asam urat yang tinggi di dalam tubuh selain dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dapat juga   mengharuskan penderita yang mengalami kerusakan ginjal untuk melakukan cuci darah. Cuci darah yang harus dilakukan oleh pasien penderita penyakit gagal ginjal minimal 2 kali dalam seminggu. Seperti yang kita ketahui bahwa biaya untuk melakukan cuci darah ini tidaklah sedikit, sedangkan bagi pasien penderita penyakit gagal ginjal ini di haruskan melakukan cuci darah seumur hidupnya. Maka dari itu, alangkah lebih baik bila kita mencegah terjadinya kolesterol dan asam urat yang tinggi sebagai upaya untuk menghindari penyakit ini.



kolesterol dan asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch

Makanan untuk Pasien penderita Kolesterol dan Asam Urat yang Tinggi

Pada dasarnya penyebab terjadinya penyakit dari kolesterol dan asam urat yang tinggi sebagian besar dikarenakan oleh asupan makanan yang mengandung kolesterol dan asam urat yang tinggi. Memang makanan memiliki pengaruh yang sangat besar menjadi penyebab suatu penyakit. Namun, makanan juga memiliki pengaruh terhadap penyembuhan suatu penyakit.

Dengan melakukan pengontrolan terhadap asupan makanan dan memakan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam darah, niscaya penyakit yang disebabkan karena asam urat dan kolesterol tinggi ini pun dapat disembuhkan karena selain dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam darah, pengaturan asupan makanan pun menjadi hal yang penting dalam menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam darah.

Berikut ini, terdapat beberapa makanan yang dapat dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit asam urat dan kolesterol. Makanan  di antaranya ialah:  
  • Jeruk nipis
Di dalam buah jeruk nipis ini terkandung asam sitrat yang dapat melarutkan asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Maka dari itu, bagi penderita sangat baik apabila mengonsumsi makanan ini. Konsumsilah makanan ini sebanyak 1 gelas air perasan jeruk nipis dua kali sehari untuk mendapatkan hasil baik.  

  • Apel
Buah apel memiliki manfaat dalam menetralkan asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Apel mengandung asam malat yang menetralkan asam urat dan kolesterol.  

  • Kacang pinto
Kacang pinto mengandung asam folat yang dapat menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Kacang pinto ini menurunkan kadar asam urat dan kolesterol secara alami. Selain itu, kandungan yang sama seperti kacang pinto pun terdapat pada biji bunga matahari.  

  • Sayuran dan buah dengan Vitamin C
Sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dapat membatu proses pembuangan asam urat dan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh melalui urine atau sistem pencernaan.

  • Kentang dan Jagung mentah
Kentang dan jagung mentah juga dianjurkan untuk dikonsumsi pasien penderita asam urat dan kolesterol yang tinggi, bahkan makanan ini dianjurkan untuk dimakan mentah-mentah. Kalaupun tidak dapat dimakan dengan mentah-mentah, dapat pula diolah terlebih dahulu dengan cara dikukus. Makanan ini mempunyai khasiat dalam menurunkan kadar asam urat dan kolesterol.      


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com, camsh.com dan nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :