Kadar Normal Asam Urat Dalam Tubuh

Kadar normal asam urat dari wanita dan laki-laki memiliki perbedaan. Kadar normal asam urat pada laki-laki berkisar antara 3,7 sampai dengan 7 mg/dl, sedangkan kadar normal asam urat pada wanita berkisar antara 2,4 sampai dengan 5,7 mg/dl. Kadar asam urat normal tersebut di tetapkan untuk mendiagnosis penyakit asam urat. Apabila nila kadar asam urat seseorang menghasilkan nilai di atas nilai kadar normal maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut menderita penyakit asam urat.



kadar normal asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch


Penyakit asam urat terjadi karena tubuh mengandung asam urat berlebih. Asam urat yang berlebihan ini dapat menimbulkan gejala penyakit asam urat. Gejala penyakit asam urat tersebut di antaranya ialah rasa nyeri pada daerah persendian, bahkan bila terjadi lebih parah, gejala yang timbul adalah peradangan dan pembengkakan pada bagian persendian. Selain itu, gejala lebih parah yang dapat muncul akibat penyakit asam urat kronik ialah batu ginjal.

Kelebihan asam urat di dalam tubuh dapat menimbulkan penumpukan asam urat pada sel dan jaringan. Penumpukan asam urat tersebut dapat terjadi pada bagian persendian maupun organ seperti ginjal. Normalnya, asam urat dalam tubuh akan dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin. Namun bila asam urat tersebut berlebih, maka ginjal tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Akibatnya asam urat yang berlebih tersebut malah mengendap di saluran ginjal dan menyebabkan menjadi batu ginjal.

Kadar Normal Asam Urat Berdasarkan Jenis Kelamin

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa kadar normal asam urat baik laki-laki maupun wanita berbeda. Berdasarkan jenis kelaminnya, kadar asam urat dikatakan normal apabila kadarnya berkisar 2, 4 sampai dengan 5, 7 mg/dl pada wanita dan 3, 7 sampai dengan 7 mg/dl pada laki-laki. Kadar normal asam urat ditetapkan sebagai standar dalam mendiagnosis penyakit asam urat.

Oleh karena itu, sebelum terkena penyakit asam urat tersebut, sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan penyakit asam urat. Tindakan pencegahan penyakit asam urat dapat dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dapat dilakukan di antaranya ialah mengatur asupan makanan dan berolahraga. Olahraga dapat dilakukan setiap hari dengan teratur. Cukup dengan 15 menit sehari berolahraga kita telah menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit asam urat.

Mengatur asupan makanan dilakukan dengan cara menghindari makanan yang mengandung purin tinggi karena makanan yang mengandung purin tinggi merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Berikut ini beberapa makanan yang harus kita hindari karena mengandung kadar purin yang tinggi, di antaranya ialah:
  • Jeroan hewan atau bagian dari tubuh seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru, dan otak;
  • Seafood atau hewan laut seperti udang, cumi-cumi, sotong, tiram, remis, kerang, kepiting, dan ikan sarden;
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng;
  • Makanan yang sudah dikalengkan seperti kornet sapi dan sarden;
  • Daging sapi, daging kambing, dan daging kuda;
  • Bebek, angsa, dan kalkun;
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, taoge, dan melinjo;
  • Sayuran tertentu seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun pepaya, dan kangkung;
  • Keju, telur, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental;
  • Buah-buahan seperti, durian, nanas, dan air kelapa;
  • Makanan yang digoreng atau bersantan;
  • Makanan yang kaya akan protein dan lemak;
  • Mengonsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa atau pemanis buatan seperti gula, permen, dan sirup.
   

Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: grosiramazoneplus.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :