Jamu Asam Urat (Cara Pembuatan)

Jamu asam urat banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit asam urat. Jamu asam urat dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, jamu asam urat ini digunakan juga untuk mengurangi gejala penyakit asam urat. Pada dasarnya pembuatan jamu untuk pengobatan baik penyakit asam urat maupun penyakit lainnya berasal dari bahan tumbuhan. Indonesia merupakan negara kaya akan tumbuhan yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit sehingga sangat mudah bagi kita untuk mencari dan membuat tumbuhan menjadi jamu asam urat.

Kita dapat mengonsumsi jamu asam urat yang diproduksi oleh produsen atau perusahaan jamu. Namun, perlu dipastikan terlebih dahulu apakan jamu telah terdaftar di BPOM atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Apabila telah terdaftar di BPOM, dapat dipastikan bahwa jamu tergolong aman untuk dikonsumsi.



jamu asam urat

Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco


Selain kita membeli jamu asam urat instan, kita juga bisa membuat jamu sendiri. Racikan sendiri terkadang lebih baik dibandingkan dengan membeli jamu instan karena dengan membuat sendiri selain menghemat biaya, kita merasa aman untuk mengonsumsi jamu. Dikatakan aman karena kita mengetahui bahan apa saja yang digunakan untuk membuat racikan jamu.

Cara Membuat Jamu Asam Urat

Berbagai tanaman dapat dibuat menjadi jamu asam urat. Salah satunya ialah ubi jalar merah. Ubi jalar merah ini dapat dijadikan jamu untuk mengobati penyakit asam urat. Cara membuat jamu ini ialah dengan menyiapkan bahan berupa 200 gram ubi jalar merah, 5 butir cengkih, 1 buah biji pala, 1 ruas jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 5 butir kapolaga, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya. Cara membuatnya, bahan-bahan direbus dengan satu setengah liter air. Biarkan mendidih dan tersisa air rebusan sebanyak setengah liter. Biarkan air rebusan dingin, lalu minum air rebusan sebanyak dua kali sehari. Selain direbus, ubi jalarnya dapat juga dimakan langsung.

Selain dari ubi jalar merah, jamu asam urat dapat juga dibuat dari buah pare. Buah pare sebanyak 1 buah dibuang bijinya kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong. Buah pare yang telah dipotong-potong direbus dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih dan tersisa 1 gelas air. Air rebusan buah pare diminum sebanyak 1 kali sehari.

Selain tanaman di atas, sukun juga dapat dijadikan jamu untuk mengobati penyakit asam urat. Bagian sukun yang digunakan ialah bagian daunnya. Daun sukun ini mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk jantung dan pembuluh darah, juga mampu menurunkan kolesterol dan mampu menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta. Untuk membuatnya, ambil 1 lembar daun sukun tua yang baru dipetik dari pohon lalu rebus dengan 5 gelas air hingga air berkurang tinggal setengahnya lalu tambah lagi dengan 5 gelas air rebus lagi hingga setengahnya lalu saring dan minum airnya untuk sehari lakukan hal ini sampai seminggu.

Bahan pembuatan jamu untuk mengobati penyakit asam urat yang lainnya ialah wortel. Cara membuatnya ialah dengan menggunakan bahan 3 buah wortel yang masih segar, cucilah wortel sampai bersih dengan menggunakan air yang bersih. Setelah itu parut dan peraslah air parutan wortel kemudian airnya diambil, masukan 2 sendok makan madu murni, dan campurkan dalam minuman. Ramuan ini kemudian diminum sehari 3 kali sampai sembuh.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Camsh.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :