Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi

Gejala penyakit asam urat dapat dialami oleh pasien penderita penyakit asam urat. Gejala penyakit asam urat yang dirasakan oleh pasien penderita penyakit asam urat dalam tingkatan nyeri yang berbeda-beda. Ada yang dirasakan dalam bentuk nyeri ringan, adapula yang dirasakan dalam bentuk nyeri berat. Gejala asam urat yang dirasakan dalam bentuk nyeri ringan merupakan gejala awal dari asam urat. Sebaliknya bila nyeri semakin berat maka dapat digolongkan dalam gejala lanjut dari penyakit asam urat.



gejala penyakit asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco


Gejala penyakit asam urat yang dirasakan oleh pasien penderita penyakit asam urat akan berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang hanya merasakan satu gejala saja dan adapula yang merasakan beberapa gejala penyakit asam urat sekaligus. Gejala yang dapat dirasakan meliputi bagian persendian terasa nyeri, ngilu, kesemutan, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan). Umumnya, persendian akan terasa nyeri pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur; nyeri sendi yang ditimbulkan terjadi berulang kali. Bagian-bagian yang biasa diserang adalah sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan serta siku. Pada kasus yang parah, persendian akan mengalami nyeri hebat saat bergerak. Tulang sekitar sendi dapat juga mengalami pengapuran dan pengeroposan.

Penyakit asam urat umumnya memiliki gejala seperti rasa nyeri pada bagian persendian. Gejala ini menjadi gejala penyakit asam urat yang khas dalam mendiagnosa penyakit asam urat. Rasa nyeri persendian yang dirasakan pada setiap pasien penderita penyakit asam urat akan berbeda. Rasa nyeri pada persendian dapat terasa ringan sampai berat. Pada mulanya rasa nyeri akan dirasakan terasa ringan sehingga kebanyakan orang akan menganggap bahwa nyeri merupakan nyeri yang biasa terjadi karena rasa nyeri yang dirasakan terjadi pada persendian, kebanyakan orang akan menganggapnya sebagai keseleo atau terkilir sehingga kebanyakan orang akan membiarkannya. Namun, semakin lama dalam jangka waktu tertentu nyeri yang dirasakan akan semakin berat. Apalagi ditambah dengan terjadinya peradangan dan pembengkakan pada bagian persendian. Barulah pada gejala ini kebanyakan orang yang mengalaminya akan melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Pada pemeriksaan yang dilakukan pun hasilnya akan mengarah pada gejala penyakit asam urat kronik, sedangkan kebanyakan dari mereka baru sadar bahwa dirinya terkena penyakit asam urat pada saat gejala  muncul. Apabila hal ini terjadi, pengobatan pun akan sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, sebaiknya kita mencegah agar penyakit asam urat tidak terjadi.

Cara Meredakan Gejala Penyakit Asam Urat

Cara meredakan penyakit asam urat cukup mudah. Namun, hal ini bersifat sementara karena pangkal penyebab dari penyakit asam urat belum dapat diobati dengan cara ini.

Biasanya gejala penyakit asam urat yang paling banyak dikeluhkan ialah nyeri pada bagian persendian. Cara untuk meredakan rasa sakit pada persendian dapat dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya seperti dengan pengobatan tradisional maupun dengan pengobatan modern. Cara pengobatan tradisional untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi biasanya dilakukan dengan menempelkan parutan jahe pada bagian persendian yang sakit, sedangkan apabila dilakukan dengan cara modern dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan analgesik. Obat-obatan analgesik merupakan obat-obatan yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Contohnya seperti ibuprofen, asam mefenamat, dan sebagainya.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: camsh.com/kesehatan/obat-asam-urat-penyebab-gejala-serta-pantangannya.html



Terima kasih untuk Like/comment FB :