Efek Asam Urat Berbahaya Bagi Tubuh

Efek asam urat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Asam urat merupakan penyakit yang dapat diderita oleh orang dewasa. Asam urat atau dengan nama lain penyakit pirai atau grout merupakan penyakit radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi. Kandungan asam urat yang tinggi menyebabkan efek asam urat yang mengganggu kesehatan tubuh.

efek asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Tujuh  Efek Asam Urat

Berikut ini beberapa efek asam urat yang dirasakan oleh penderita asam urat:

Menghambat Aktivitas 
Efek asam urat yang dapat dirasakan oleh penderita penyakit asam urat, yaitu terhambatnya aktivitas sehari-hari. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh menyebabkan rasa sakit pada bagian sendi yang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat menyebabkan gangguan yang menghambat aktivitas sehari-hari.

Asidosis Metabolik 
Efek asam urat yang selanjutnya yaitu Asidosis metabolik. Asidosis metabolik merupakan salah satu efek asam urat yang merupakan suatu kondisi organ tubuh yaitu ginjal sulit dalam melakukan pembuangan kandungan asam urat dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan pengkristalan asam urat dan menempel pada persendian tubuh. Kondisi asidosis metabolik ini akan meningkatkan frekuensi pengambilan napas yang akan menyebabkan pusing; napas menjadi tersengal-sengal; lemas; hilangnya kesadaran yang berujung pada kematian. Asidosis metabolik ini dapat terjadi ketika tubuh memiliki asupan purin terlalu tinggi dan meningkatkan kandungan asam urat melebihi standar, yaitu 7 mg/dl.

Nyeri dan Sakit Parah pada Persendian 
Efek asam urat yang berikutnya, yaitu rasa nyeri dan sakit parah pada bagian persendian. Hal tersebut diakibatkan karena asam urat gagal dicerna dan tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal sehingga, asam urat tersebut akan mengendap dan membentuk kristal-kristal asam urat yang runcing dan menempel pada bagian persendian. Kristal-kristal ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang berlebihan ketika menggerakkan bagian tubuh yang ditempeli kristal tersebut.

Penyakit Jantung Koroner 
Efek asam urat yang keempat yaitu penyakit jantung koroner. Tingginya kadar asam urat atau yang disebut juga hiperurkemia memiliki hubungan dengan penyakit jantung koroner. Penyakit asam urat memiliki sindrom yang menyebabkan adanya kelainan pada bagian insulin sehingga dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah, serta menyebabkan hipertensi dan pada akhirnya berujung pada munculnya gejala penyakit jantung koroner.

Pirai 
Pirai merupakan efek samping asam urat. Pirai merupakan kondisi seseorang mengalami nyeri yang sangat mengganggu dan luar biasa pada bagian sendi-sendi kecil dan bagian telapak kaki.

Gagal Ginjal 
Gagal ginjal juga merupakan salah satu efek samping asam urat. Tingginya kadar asam urat dapat menimbulkan kristal-kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal dan dapat mengakibatkan ginjal gagal mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh sehingga menyebabkan gejala gagal ginjal.

Batu Ginjal 
Efek asam urat selanjutnya, yaitu penyakit batu ginjal. Asam urat yang tinggi pada urine menyebabkan terjadinya batu ginjal. Hal tersebut terjadi karena asam urat yang mengalami pengkristalan dan pada akhirnya akan menjadi batu ginjal yang akan menyumbat bagian saluran urine.

Hal di atas merupakan beberapa efek asam urat yang dapat dirasakan oleh tubuh manusia. Efek asam urat sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, jagalah pola hidup Anda agar tidak mengalami penyakit asam urat.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: halosehat.com, alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :