Ciri-ciri Penyakit Asam Urat Tinggi

Ciri-ciri penyakit asam urat yang biasanya dikeluhkan oleh pasien penderita penyakit asam urat ialah rasa sakit pada daerah persendian. Selain itu, ciri-ciri penyakit asam urat ini akan semakin parah apabila dibiarkan berlarut-larut. Ciri-ciri penyakit asam urat yang lebih parah lagi ialah adanya pembengkakan pada bagian persendian yang dirasakan sakit oleh pasien penderita penyakit asam urat. Gejala ini akan muncul dan lebih dirasakan oleh pasien penderita asam urat pada pagi hari setelah bangun tidur.

Ciri-ciri penyakit asam urat ini dapat timbul sebagai akibat dari kadar asam urat yang tinggi. Tingginya kadar asam urat dalam darah membuat ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu fungsi ginjal ialah untuk mengeluarkan zat-zat sisa seperti asam urat dari tubuh. Akibat kadar asam urat yang tinggi, ginjal mengalami gangguan sehingga banyak asam urat yang menumpuk pada persendian, bahkan menumpuk pada ginjal itu sendiri.



ciri-ciri penyakit asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Asam urat yang menumpuk pada persendian, membuat sendi terasa sakit karena asam urat yang menumpuk pada persendian berbentuk kristal-kristal tajam yang membuat persendian menjadi terasa sakit, bahkan apabila keadaan ini dibiarkan maka persendian akan mengalami peradangan dan pembengkakan.

Tahapan Terjadinya Ciri-ciri Penyakit Asam Urat

Ciri-ciri penyakit asam urat sebenarnya terjadi secara bertahap. Jadi ciri-ciri asam urat tidak langsung timbul menjadi suatu gejala yang mengarah pada penyakit asam urat. Terkadang gejala penyakit asam urat kita anggap sebagai gejala penyakit lain atau suatu hal yang wajar terjadi sehingga kita tidak mengambil langkah khusus untuk menanganinya.

Pada umumnya ciri-ciri penyakit asam urat ini terbagi menjadi tiga tahap. Pada tahapan yang pertama disebut dengan tahap arthritis gout. Pada tahap ini terjadi peradangan akibat adanya asam urat akut. Gejala yang ditimbulkan pada tahap pertama ini ialah pasien penyakit asam urat akan mengalami serangan arthritis yang bersifat khas. Serangan arthritis yang bersifat khas kemudian akan menghilang tanpa membutuhkan pengobatan dalam waktu 5 sampai dengan 7 hari. Pasien penderita penyakit asam urat akan menganggap hal ini sebagai kejadian yang biasa karena kejadian ini akan cepat menghilang. Terkadang pasien yang mengalami tahap pertama ini menganggap bahwa kakinya terkena infeksi atau keseleo sehingga tidak melakukan pemeriksaan lanjutan. Setelah serangan pertama ini berakhir, maka pasien akan masuk pada gout interkritikal. Pada fase ini pasien akan merasa bahwa dirinya sehat dalam jangka waktu tertentu.

Ciri-ciri penyakit asam urat pada tahap kedua disebut sebagai tahap arthritis gout akut intermiten. Tahap ini terjadi setelah bertahun-tahun lamanya melewati gejala tahap satu terlebih dahulu. Tanda gejala dari pasien yang memasuki tahap ini ialah pasien akan merasakan nyeri yang terus menerus dan jumlah sendi yang terasa sakit semakin banyak. Hal ini terjadi sebagai akibat dari peradangan yang khas.

Pada tahap ketiga disebut tahap arthritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan–benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan yang keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita akan kesulitan untuk menggunakan sepatu.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Buku Patofisiologi Konsep klinis Proses–Proses Penyakit



Terima kasih untuk Like/comment FB :