Asam Urat dan Rematik (Pengertian)

Asam urat dan rematik merupakan dua hal yang saling berkaitan. Namun, antara asam urat dan rematik memiliki perbedaan yaitu penyakit asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam darah, penyakit asam urat terjadi karena adanya penumpukan asam urat pada tubuh yang berasal dari zat purin, sedangkan rematik adalah penyakit yang disebabkan karena rapuhnya tulang. Asam urat dan rematik tersebut terkait satu sama lain. Asam urat menyebabkan rematik bila kadar asam urat tersebut meningkat.

Asam urat dan rematik merupakan dua hal yang sering dikaitkan padahal, seseorang yang menderita rematik belum tentu memiliki penyakit asam urat. Namun, kebanyakan orang yang memiliki riwayat penyakit asam urat merasakan rematik, hal tersebut di timbulkan karena asam urat yang tinggi yang terkumpul dalam sendi dan membentuk endapan kristal monosodium sehingga bisa dibilang asam urat dan rematik memiliki keterkaitan, tetapi memiliki perbedaan juga.


asam urat dan rematik
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Pengertian Penyakit Asam Urat dan Rematik

Setelah mengetahui perbedaan asam urat dan rematik, maka akan dijelaskan lebih dalam mengani rematik. Rematik merupakan penyakit yang menimbulkan rasa nyeri yang diakibatkan otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Penyakit rematik ini umumnya terjadi pada seseorang yang sudah lanjut usia dan memiliki lebih dari 100 jenis, berikut merupakan beberapa jenis rematik yang umum terjadi:

Rheumatoid arthritis 
Yaitu suatu keadaan kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan–jaringan sendi. Hal tersebut menyebabkan sendi-sendi yang terserang mengalami peradangan.

Osteoarthritis 
Merupakan penyakit persendian yang mampu menimbulkan rasa sakit dan penderitanya akan merasan keterbatasan pergerakan sendi, seiring waktu berjalan osteoarthritis bisa menyebabkan kerusakan tulang rawan.

Sindrom sjogren
Merupakan penyakit sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang jaringan yang sehat dan menyebabkan peradangan. Penyakit ini bisa juga muncul bersamaan dengan penyakit sistem kekebalan tubuh lain, seperti lupus dan rheumatoid arthritis.

Lupus 
Merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh manusia.

Ankylosing spondylitis 
Yaitu penyakit peradangan kronis yang menyerang tulang belakang dan bagian tubuh lainnya. Bagian tubuh yang seringkali terkena dampak dari penyakit ini adalah persendian bahu, ruas tulang belakang, tulang rawan antara tulang dada dan tulang rusuk, persendian antara tulang panggul dan pangkal tulang belakang, ligament dan tendon di persendian tulang belakang dan di belakang tumit.

Penyakit asma urat adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya asam urat. Asam urat sendiri merupakan limbah yang berasal dari pemecahan zat purin, yang kemudian asam urat ini dibuang melalui ginjal. Namun, yang menjadi permasalahan apabila asam urat yang dikeluarkan ginjal tidak sebanding dengan jumlah asam urat dalam tubuh sehingga menimbulkan sisa. Sisa tersebut akan membentuk Kristal natrium urat. Apabila Kristal tersebut tertumpuk dan keluar dari tulang rawan dan membuat lapisan sendi yang disebut sovium yang menimbulkan rasa nyeri, maka hal terebut menandakan bahwa penderita mengalami serangan asam urat.

Serangan penyakit ini harus ditangani karena menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Tujuan penangan asam urat dibagi menjadi dua yaitu meringankan gejala dan mencegah serangan terulang kembali. Penanganan asam urat ketika terjadi serangan bisa dilakukan dengan cara menempelkan kantung es pada bagian yang mengalami nyeri dan bisa juga dengan mengonsumsi Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS) atau obat lainnya. Penanganan bertujuan untuk mencegah serang terulang kembali bisa dilakukan dengan cara memperbaiki gaya hidup menjadi lebih baik, seperti melakukan diet apabila penderita mengalami kelebihan berat badan, atau dengan mengonsumsi obat–obatan yang diresepkan dokter.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: life.viva.co.id dan alodokter



Terima kasih untuk Like/comment FB :