Akibat Asam Urat Tinggi Bagi Kesehatan

Akibat asam urat yang terlalu tinggi di dalam tubuh, dapat menyebabkan berbagai penyakit di antaranya ialah penyakit asam urat, penyakit batu ginjal, dan sebagainya. Akibat asam urat yang terlalu tinggi tersebut pada umumnya akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Tahukah Anda berapa kadar asam urat yang normal terkandung di dalam tubuh kita? Kadar asam urat berbeda antara laki-laki dengan perempuan. Kadar normal asam urat pada laki-laki berkisar antara 3,7 sampai dengan 7 mg/dl, sedangkan kadar asam urat normal pada perempuan berkisar antara 2,4 sampai dengan 5,7 mg/dl.



akibat asam urat
Alat cek asam urat multi fungsi GCU Nesco


Akibat Asam Urat Meningkat

Akibat asam urat meningkat pada tubuh, akan terjadi beberapa gejala yang mengarah pada penyakit asam urat. Gejala yang dapat timbul sebagai akibat asam urat meningkat di antaranya ialah rasa nyeri pada bagian persendian, peradangan pada bagian persendian, dan pembengkakan pada bagian persendian. Memang pada dasarnya akan terjadi serangan pada bagian persendian sebagai akibat asam urat yang meningkat pada tubuh.

Akibat asam urat meningkat tersebut apabila dibiarkan tanpa terapi apa pun maka keadaan ini akan bertambah parah. Rasa sakit yang terjadi pada persendian akibat asam urat meningkat pun akan semakin berat. Asam urat dalam tubuh dapat meningkat sebagai akibat dari kegagalan metabolisme asam urat yang seharusnya dibuang bersama dengan urine melalui ginjal. Akibat asam urat tersebut tidak dapat dibuang maka asam urat akan mengendap dan membentuk kristal-kristal asam urat yang runcing dan menempel pada bagian persendian. Asam urat yang berbentuk kristal-kristal inilah yang akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian yang ditempeli oleh asam urat.

Selain itu, akibat asam urat yang meningkat dapat menghambat aktivitas yang dilakukan. Rasa sakit yang dirasakan pada bagian persendian sangat mengganggu aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Penderita yang merasakan rasa nyeri tersebut sulit untuk bergerak sehingga aktivitas yang dilakukan akan terhambat, bahkan terbengkalai.

Akibat asam urat yang meningkat dapat juga mengakibatkan terjadinya asidosis metabolik. Asidosis metabolik adalah suatu kondisi ginjal yang tidak dapat membuang kelebihan asam urat sehingga asam urat tersebut mengkristal dan menempel pada bagian persendian. Terjadinya asidosis metabolik menyebabkan napas menjadi tersengal-sengal, merasa pusing, lemas, dan hilangnya kesadaran yang dapat  berujung pada kematian. Asidosis metabolik ini dapat terjadi ketika kadar dari asam urat melebihi 7 mg/dl.

Akibat asam urat meningkat dapat menimbulkan juga terjadinya batu ginjal. Batu ginjal dapat terjadi karena asam urat menumpuk pada organ ginjal. Biasanya adanya batu ginjal ini ditandai dengan rasa sakit pada saat berkemih. Apabila hal ini dibiarkan berlanjut, maka dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Selain itu, apabila terjadi gagal ginjal, maka penderitanya diharuskan untuk melakukan cuci darah secara rutin dengan biayanya yang mahal.   Selain itu, akibat dari asam urat yang meningkat juga menyebabkan pirai. Pirai ialah suatu keadaan, penderita merasakan nyeri yang sangat mengganggu pada bagian persendian dan telapak kaki. Hal ini terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani.

Penyakit jantung pun dapat menjadi salah satu akibat dari asam urat yang tinggi. Penyakit ini bisa menjadi penyakit yang menyertai penyakit asam urat. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat kadar asam urat yang tinggi sehingga mengganggu kinerja beberapa organ yang ada di dalam tubuh termasuk jantung.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :