Tanda-Tanda Asam Urat secara Umum

Tanda-tanda asam urat yang dirasakan setiap penderita penyakit asam urat akan berbeda -beda. Hal ini tergantung pada kondisi penderitanya. Kemungkinan satu orang penderita akan merasakan beberapa gejala yang menunjukkan ke arah penyakit asam urat atau bisa pula seorang penderita penyakit asam urat, hanya mengalami satu gejala saja yang merupakan gejala yang khas dari penyakit asam urat. Maka sebaiknya di samping mengenal tanda-tanda asam urat, kita juga harus melakukan pemeriksaan pada dokter untuk memastikan penyakit asam urat ini.


tanda-tanda asam urat
Alat cek asam urat multifungsi GCU Easy Touch


Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sebenarnya tergolong dalam penyakit yang tersembunyi. Artinya tanda-tanda asam urat akan terdeteksi setelah kondisi dari kadar asam urat tergolong sangat tinggi. Kadar asam urat yang tinggi sebenarnya dapat terdeteksi secara dini melalui pemeriksaan laboratorium. Namun, biasanya di masyarakat kita, pemeriksaan laboratorium dilakukan apabila terdapat tanda-tanda asam urat yang dirasakan sehingga tidak ada salahnya jika kita mengetahui tanda-tanda asam urat. Dengan mengenali tanda-tanda asam urat ini, maka kita dapat mengenal adanya penyakit asam urat secara dini. Penyakit asam urat ini harus kita waspadai karena penyakit ini dapat berpengaruh terhadap organ vital lainnya, bahkan dalam keadaan parah, penyakit asam urat bisa menyebabkan kelumpuhan.

Tanda-Tanda Asam Urat secara Umum

Secara umum, tanda-tanda asam urat dapat dikenali berdasarkan tingkat keparahannya. Semakin parah tanda-tanda penyakit asam urat yang dikenali, maka semakin parah pula penyakit yang diderita. Tanda-tanda penyakit asam urat secara umum masih dapat terlihat sebagai tanda-tanda dari penyakit lain sehingga dalam mengenali tanda-tanda asam urat diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosa.

Tanda-tanda penyakit asam urat yang pertama dan paling umum dirasakan oleh pasien penderita penyakit asam urat ialah merasakan adanya nyeri pada daerah persendian. Hal ini biasanya terjadi pada pagi hari atau malam hari. Selain itu, terdapat rasa nyeri, kesemutan, rasa linu, kemerahan, bahkan sampai bengkak pada persendian yang menandakan adanya peradangan pada persendian.

Tanda-tanda penyakit asam urat yang selanjutnya ialah merasakan adanya nyeri pada tangan, tumit,siku, dan persendian kaki. Hal ini bisanya akan terjadi berulang-ulang. Misalnya saja rasa nyeri pada sendi yang berangsur membaik kemudian kembali menjadi terasa nyeri. Nyeri persendian yang terjadi secara berulang-ulang maka dapat mengakibatkan pasien menjadi kesulitan bergerak. Selain itu, tanda-tanda asam urat lainnya dapat timbul setelah penyakit asam urat telah kronis seperti peradangan dan pembengkakan pada daerah persendian.

Selain dari tanda-tanda asam urat kita juga harus mengenal penyebab asam urat. Penyebabnya ialah makan makanan yang mengandung purin tinggi, ginjal tidak mampu memenuhi tugasnya sehingga terjadi penumpukan asam urat pada jaringan dan persendian.

Pada umumnya terjadinya penyakit asam urat dikarenakan asupan makanan yang tidak diperhatikan. Di dalam tubuh manusia mengandung purin sebanyak 85 persen untuk kebutuhan tubuh sehari-hari dan tubuh hanya membutuhkan sebanyak 15 persen lagi untuk memenuhi semua kebutuhan purin di dalam tubuh manusia. Akan tetapi, fakta ini tidaklah banyak diketahui oleh banyak orang sehingga beberapa orang tidak mengetahui akan pentingnya mengurangi, bahkan menghindari makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi, hal dapat memicu terjadinya peningkatan asam urat di dalam tubuh sehingga terjadilah penyakit asam urat.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: asamurat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :