Tanaman Obat Asam Urat (Obat Herbal)

Tanaman obat asam urat dapat diambil dari berbagai tanaman yang sudah terbukti berkhasiat dalam mengobati penyakit asam urat. Pada umumnya setiap tanaman memiliki ciri atau karakter yang berbeda-beda sehingga memiliki khasiat atau manfaat yang berbeda-beda pula. Ada tanaman yang cocok untuk digunakan sebagai bahan pangan sehari-hari dan ada juga tanaman yang cocok untuk digunakan sebagai tanaman obat termasuk di antaranya ialah tanaman obat yang digunakan untuk mengobati penyakit asam urat.

Selain itu, tanaman obat asam urat ini telah terbukti mampu menurunkan kadar asam urat yang terdapat dalam tubuh penderita penyakit asam urat sehingga tak jarang dari penderita asam urat ini menggunakan tanaman obat asam urat sebagai upaya dalam mengobati penyakitnya. Tentunya di samping melakukan pengobatan secara medis.



tanaman obat asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco

Jenis Tanaman Obat Asam Urat

Berbagai jenis tanaman obat dapat menurunkan kadar asam urat. Namun kita perlu meneliti lebih lanjut mengenai efek samping terhadap penggunaan tanaman obat asam urat ini karena belum banyak penelitian yang meneliti tanaman obat asam urat ini, tetapi beberapa jenis tanaman obat asam urat ini sudah terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah, di antaranya ialah tanaman sambiloto, tanaman kumis kucing, tanaman daun salam, tanaman meniran, tanaman anting-anting, tanaman sidaguri, dan lain-lain.

Tanaman sambiloto dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah penderita penyakit asam urat karena mengandung senyawa seperti alkane, flavanoid, aldehid, keton dan juga mineral seperti kalium, natrium, dan kalsium. Tanaman kumis kucing sangat terkenal sebagai tanaman diuretik yaitu tanaman yang mampu memperlancar buang air kecil. Mengingat proses terjadinya penyakit asam urat ini juga berkaitan dengan pembuangan zat sisa melalui air urine, maka tanaman kumis kucing dapat dijadikan sebagai obat asam urat. Dengan mengonsumsi tanaman kumis kucing ini maka kelebihan asam urat yang ada dalam tubuh dapat terbuang bersamaan dengan air urine. Selain itu, tanaman kumis kucing ini dapat juga   bertindak sebagai penghancur batu pada saluran air seni.

Tanaman daun salam selain dapat mengobati asam urat dapat digunakan juga untuk mengobati penyakit kolesterol. Di dalam daun salam terkandung senyawa seperti minyak atsiri, flavanoid dan tanin yang mampu menurunkan kadar asam urat. Tanaman meniran, mempunyai karakter yang sama dengan tanaman kumis kucing. Namun, pada tanaman meniran ini selain dapat menurunkan kadar asam urat, dapat juga menambah daya tahan tubuh.

Selain tanaman yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga tanaman anting-anting. Tanaman anting-anting ini memiliki karakter yang sama dengan tanaman kumis kucing dan meniran yaitu sama-sama sebagai diuretik. Tanaman anting-anting ini mampu membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Pada bagian daun sidaguri memiliki kandungan alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino serta minyak atsiri. Pada bagian bantangnya sidaguri memilik kandungan kalsium oksalat serta kandungan tannin, dan bagian akar memiliki kandungan alkaloid, kandungan steroid serta kandungan ephedrine.

Tanaman obat asam urat yang telah disebutkan dapat dimakan secara langsung atau  dapat diolah terlebih dahulu menjadi suatu ramuan. Salah satu contohnya ialah tanaman sambiloto. Cara membuat ramuan ialah siapkan sambiloto kering 10 gram, temulawak 10 rimpang, komfrey 5 – 10 gram, buah lada 1 gram dan 5 gelas air bersih. Cara mengolahnya semua bahan direbus dengan air sebanyak 5 gelas, lalu tunggu sampai air tersisa 3 gelas. Dianjurkan untuk meminum ramuan ini pada saat sebelum makan atau 2 jam sebelum makan dan diminum sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing 1 gelas.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: asamurat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :