Penyebab Asam Urat dan Pengobatannya

Penyebab asam urat terdiri dari beberapa penyebab, di antaranya karena tubuh tidak dapat memproses purin dengan baik, tingginya kadar asam urat dalam darah, penyebaran asam urat yang sampai ke luar daerah sendi sehingga menyebabkan peradangan, makanan tertentu yang mengandung tinggi purin sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Itulah beberapa penyebab asam urat yang terjadi di dalam tubuh orang yang menderita penyakit asam urat. Tentunya penyebab asam urat ini sebisa mungkin dicegah untuk menghindari dir dari penyakit asam urat yang dapat membahayakan kesehatan.

Apabila dilihat dari penyebab asam urat, maka kita sebenarnya dapat mencegah penyakit berdasarkan penyebabnya. Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa salah satu penyebab penyakit asam urat ini ialah makanan yang mengandung purin tinggi. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat, kita harus menghindari makanan purin tinggi.



penyebab asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch


Makanan purin tinggi misalnya seperti lauk pauk. Tidak semua bagian dari lauk pauk mengandung tinggi purin. Hanya bagian jeroan, ginjal, hati, limpa, babat, usus, otak dan paru yang mengandung tinggi purin. Selebihnya untuk bagian lauk pauk lainnya masih dapat kita konsumsi. Selain dari lauk pauk, makanan lain yang mengandung tinggi purin ialah makanan yang berasal dari laut seperti cumi, kepiting, udang, dan kerang.

Selain makanan yang telah diuraikan, makanan kaleng pun berpotensi mencetuskan penyakit asam urat. Contohnya makanan kaleng kornet dan sarden. Makanan kaleng seperti kornet dan sarden mengandung purin yang tinggi sehingga sebaiknya kita hindari.

Penyembuhan Asam Urat Berdasarkan Penyebab Asam Urat

Pada dasarnya penyakit asam urat tidak dapat disembuhkan, tetapi penyakit asam urat masih dapat kita kontrol. Cara mengontrol penyakit asam urat ini yakni dengan mengontrol asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sebaiknya kita menghindari makanan yang mengandung purin yang tinggi. Selain itu, kita masih dapat memakan makanan yang mengandung purin rendah. Penderita penyakit asam urat diwajibkan meminum air putih yang banyak. Banyaknya air putih yang harus diminum oleh penderita penyakit asam urat dan dianjurkan oleh para ahli ialah minimal 2 liter sehari. Dengan meminum air putih yang banyak dapat membantu tubuh dalam membuang kelebihan purin.

Selain dengan mengatur asupan makanan dan banyak meminum air putih, para penderita penyakit asam urat dapat juga   mengontrol penyakitnya dengan mengonsumsi obat-obatan seperti allopurinol. Obat allopurinol ini telah terbukti ampuh dalam menurunkan produksi asam urat dalam darah. Tentunya dalam mengonsumsi obat penurun asam urat ini, penderita penyakit asam urat tetap diwajibkan untuk meminum air putih yang banyak sehingga efek samping yang dapat terjadi pada pasien penderita penyakit asam urat apabila mengonsumsi obat allopurinol, yaitu sering buang air kecil. Langkah ini diharapkan dapat membuang zat purin yang berlebihan dari dalam tubuh.

Apabila pasien penderita penyakit asam urat melakukan kedua hal di atas, maka kadar asam urat dapat terkontrol. Minimal kadar asam urat di dalam tubuh tergolong mendekati nilai normal. Nilai normal dari asam urat di dalam tubuh pada wanita maupun pria berbeda. Kadar normal asam urat pada wanita berkisar antara 2, 4-5, 7 mg/dl dan pada pria berkisar antara 3,7-7 mg/dl.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :