Penyakit Asam Urat (Cara Mengatasi)

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat terganggunya metabolisme asam urat. Selain itu, penyakit asam urat ini timbul akibat banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi. Pada tingkat kronis, asam urat dapat menimbulkan gout, yaitu peradangan pada sendi yang akut sebagai akibat dari suatu reaksi jaringan sendi terhadap pembentukan kristal urat yang bentuknya menyerupai jarum. Asam urat berasal dari endogen dan eksogen. Asam urat yang berasal dari endogen terbentuk dari perombakan protein atau nucleoprotein jaringan terutama purin.

Asam urat yang berasal dari eksogen merupakan asam urat yang timbul dari makanan yang mengandung sintesis nucleoprotein. Dari hasil pemeriksaan laboratorium, penyakit asam urat ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat di atas kadar normal. Pada pria maupun wanita memiliki kadar normal asam urat yang berbeda. Kadar normal asam urat pada wanita berkisar antara 2, 4-5, 7 mg/dl, sedangkan kadar asam urat normalnya pada pria berkisar antara 3, 7-7 mg/dl. Oleh karena itu, dikatakan menderita penyakit asam urat apabila kadar asam urat di dalam tubuh melebihi nilai normal kadar asam urat tersebut.


penyakit asam urat
 Alat cek asam urat multifungsi Easy Touch


Tingginya kadar asam urat dalam tubuh atau hiperurisemia berasal dari pembentukan asam urat yang berlebihan dan pengeluaran asam urat yang berkurang melalui ginjal. Pada asam urat yang terjadi karena pembentukan asam urat yang berlebihan dapat terjadi karena gout primer metabolic dan gout sekunder metabolic. Yang dimaksud dengan gout primer metabolic adalah sintesis langsung yang berlebihan, sedangkan gout sekunder metabolic ialah asam urat berlebihan karena penyakit lain seperti leukemia. Pada kadar asam urat yang tinggi yang disebabkan karena pengeluaran asam urat yang berkurang melalui ginjal terjadi karena gout primer renal dan gout sekunder renal. Yang dimaksud dengan gout primer renal ialah gangguan ekskresi asam urat di tubuli distal ginjal, sedangkan gout sekunder renal karena kerusakan ginjal yaitu glomerulus nefritis kronik.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Cara mengatasi penyakit asam urat dapat dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Minum air putih yang banyak
Minum air putih yang banyak minimal 8 hingga 10 gelas per hari menyebabkan air urine menjadi encer. Langkah ini diharapkan asam urat dalam tubuh dapat terbuang melalui air urine sehingga menghambat proses penumpukan asam urat yang berlebihan.

2. Mengurangi makanan yang mengandung purin
Makanan yang mengandung purin merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit asam urat. Bagi penderita asam urat, sebaiknya mengurangi, bahkan menghindari makanan yang mengandung purin yang tinggi seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan jeroan. Selain itu, kita harus memperbanyak mengonsumsi protein murni seperti putih telur, dan sumber protein yang mengandung sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.

3. Menjaga berat badan
Menjaga berat badan agar tetap ideal menjadi salah satu cara mengatasi asam urat. Pengaturan berat badan ini dapat dilakukan dengan cara diet sehat dengan diimbangi olah raga yang teratur.

4. Mengonsumsi  makanan sehat
Makanan sehat yang dianjurkan pada penderita penyakit asam urat ialah makanan yang mengandung rendah purin. Selain itu, makanan lainnya seperti makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, buah – buahan, sayuran (mentimun, daun selada, kentang, dan zucchini) dan produk susu yang rendah atau bebas lemak.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: Buku Hiperurisemia



Terima kasih untuk Like/comment FB :