Pengobatan Asam Urat Secara Tradisional

Pengobatan asam urat dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Namun, cara ini tidak cukup untuk menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi agar nilai kadar asam urat mendekati normal. Hal ini akan optimal apabila diiringi dengan penerapan pola hidup sehat seperti mengatur asupan makanan, mengontrol berat badan, melakukan aktivitas fisik atau berolah raga, dan sebagainya. Selain dengan obat-obatan resep dokter, pengobatan asam urat dapat juga dilakukan dengan pengobatan asam urat tradisional.

Pengobatan asam urat tradisional dilakukan dengan cara meminum ramuan herbal yang telah terbukti dapat meringankan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat. Selain itu, pengobatan asam urat secara tradisional ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah.



pengobatan asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco


Asam urat itu merupakan komponen dari darah dan urine. Asam urat terbentuk sebagai produk akhir dari metabolisme asam nukleat. Asam urat yang berlebihan dapat terjadi sebagai adanya zat purin yang berlebihan dalam tubuh.  Apabila terdapat zat purin dalam tubuh, maka akan disintesis menjadi asam urat. Kadar dari asam urat diatur oleh ginjal. Apabila kadar dari asam urat berlebih, maka akan dibuang melalui air urine. Namun, bila kadarnya berlebihan maka ginjal tidak dapat mengaturnya sehingga asam urat yang berlebih akan menumpuk pada jaringan dan sendi.

Pengobatan Asam Urat dengan Obat Tradisional

Pengobatan asam urat dengan obat tradisional telah diwariskan secara turun-temurun untuk meringankan gejala yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Selain itu, pengobatan asam urat secara tradisional banyak digemari oleh kalangan masyarakat di Indonesia karena pengobatan asam urat dengan obat tradisional ini tidak banyak menimbulkan efek samping dibandingkan dengan pengobatan asam urat dengan menggunakan obat farmakologis.

Mengobati penyakit asam urat tidak harus selalu menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Melainkan dapat juga menggunakan obat tradisional yang berbahan alami seperti dari tumbuhan. Salah satu pengobatan asam urat dengan obat tradisional dapat dilakukan dengan mengonsumsi daun salam. Di dalam daun salam mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C. Selain itu, di dalam daun salam mengandung senyawa-senyawa seperti atsiri, tannin, dan flavanoid yang dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

Tanaman lain yang bisa dipakai ialah daun salam yang sudah terbukti memiliki manfaat dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan meredakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Kandungan senyawa atau zat seperti atsiri, tannin, dan flavanoid. Daun salam berkhasiat sebagai diuretik dan analgesik. Diuretik merupakan suatu proses untuk membuang zat sisa dalam bentuk urine, sedangkan analgesik merupakan pereda nyeri.

Mengingat penyakit asam urat ini dapat menimbulkan nyeri terutama pada daerah persendian, maka mengonsumsi daun salam dapat meredakan nyeri yang ditimbulkan karena di dalam daun salam terdapat zat yang dapat bertindak sebagai analgesik atau pereda rasa sakit. Selain itu, daun salam juga bertindak sebagai diuretik, yakni asam urat dapat dibuang kelebihannya asam urat melalui air seni atau urine. Daun salam dapat dikonsumsi langsung atau direbus kemudian airnya diminum oleh penderita penyakit asam urat secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, rebusan air daun salam dapat juga mengobati diare, menurunkan kolesterol tinggi, kencing manis, obat sakit mag, dan penyakit kulit.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: deherba.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :