Pantangan Asam Urat (Makanan dan Minuman)

Pantangan asam urat merupakan segala hal yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat. Penyakit asam urat merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan peradangan pada bagian atau daerah persendian. Penyakit ini menyerang daerah persendian dan menyebabkan sendi mengalami peradangan hingga akhirnya membengkak. Para penderita penyakit asam urat ini wajib menghindari pantangan asam urat. Salah satu pantangan asam urat berkaitan dengan jenis-jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat.



pantangan asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch

Makanan Pantangan Asam Urat

Makanan pantangan asam urat menjadi pantangan yang harus dipatuhi oleh para penderita penyakit asam urat. Makanan ini mengandung kadar purin yang sangat tinggi sehingga dapat memperparah keadaan penyakit asam urat. Penyakit asam urat sendiri disebabkan karena kadar zat purin yang berlebih di dalam tubuh sehingga sebaik mungkin kadar purin dikurangi.

Zat purin terkandung dalam makanan yang kita makan sehari-hari. Berikut terdapat beberapa makanan pantangan asam urat yang sebaiknya dihindari oleh para penderita penyakit asam urat. Makanan  ini meliputi :
  • Lauk pauk yang terdiri dari jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru, dan otak; Makanan yang berasal dari laut yang dikenal sebagai seafood seperti kerang, udang, cumi, dan kepiting;
  • Makanan yang dikalengkan seperti makanan kornet dan makanan sarden;
  • Daging, telur, kaldu hewan atau kuah dari daging yang kental;
  • Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai. Termasuk hasil olahannya, taoge, melinjo, dan emping;
  • Sayuran seperti sayuran dari daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, dan buncis;
  • Buah-buahan seperti buah durian, alpukat, nanas, dan air kelapa;
  • Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti wiski, bir, anggur, tape, tuak dan sebagainya.

Makanan pantangan asam urat harus dihindari agar terhindar dari komplikasi penyakit yang dapat di timbulkan dari penyakit asam urat. Selain itu, makanan ini juga sebaiknya dihindari juga oleh orang yang belum terkena penyakit asam urat. Tujuannya sebagai bentuk pencegahan. Namun, pada orang yang belum terkena penyakit asam urat masih diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan ini tentunya dalam jumlah yang terbatas.

Pembatasan jumlah makanan yang menyebabkan asam urat pada orang yang belum terkena penyakit asam urat dapat menghindari dari penyakit asam urat. Selain itu, tindakan pencegahan oleh orang yang belum terkena penyakit asam urat dapat dilakukan juga dengan berolah raga secara teratur.

Makanan pantangan asam urat yang telah diuraikan di atas merupakan makanan yang mengandung kadar zat purin yang tinggi. Makanan pantangan asam urat termasuk olahannya sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit asam urat. Apabila para penderita penyakit asam urat ini mengonsumsi makanan pantangan asam urat maka kemungkinan besar mereka akan mengalami penyakit asam urat yang kronis.

Buah-buahan yang kita anggap makanan yang aman dikonsumsi untuk semua orang ternyata dapat menjadi pantangan bagi penderita penyakit asam urat. Buah-buahan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit asam urat di antaranya ialah buah durian, alpukat, nanas, dan air kelapa. Buah-buahan yang mengandung zat purin dapat mencetuskan penyakit asam urat atau memperparah penyakit asam urat yang sudah ada sebelumnya.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :