Makanan Penurun Asam Urat Tinggi

Makanan penurun asam urat menjadi prioritas utama para penderita penyakit asam urat untuk dijadikan sebagai bahan makanannya sehari-hari. Makanan penurun asam urat ini dikonsumsi oleh para penderita penyakit asam urat sehari-hari dengan tujuan agar kadar asam urat dalam darahnya dapat menurun. Penurunan kadar asam urat menjadi tujuan utama para penderita asam urat untuk mengobati penyakitnya. Pada dasarnya asam urat dapat terjadi berulang kembali sehingga kita sebisa mungkin harus dapat mengontrolnya agar kadar asam urat dalam darah tidak naik kembali.  



makanan penurun asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco


Makanan penurun asam urat sebenarnya merupakan makanan yang mengandung purin rendah atau sama sekali tidak mengandung purin. Pada umumnya makanan yang mengandung purin ialah makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung purin contohnya ialah jeroan dan kacang-kacangan. Namun tidak semua kacang-kacangan memiliki kandungan purin yang tinggi. Terdapat beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung kadar purin yang rendah dan masih dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat walaupun jumlahnya dibatasi.

Untuk makanan yang termasuk dalam golongan kadar purin tinggi, sangat tidak dianjurkan sekali untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit asam urat, bahkan sebaiknya berbagai jenis makanan yang mengandung purin tinggi dihindari oleh para penderita penyakit asam urat. Makanan yang mengandung purin tinggi walaupun sedikit dimakan oleh penderita penyakit asam urat maka akan menimbulkan gejala yang lebih parah terhadap penyakitnya. Bisa saja orang yang menderita penyakit asam urat langsung merasakan nyeri yang lebih berat dari sebelumnya.

Berbagai Jenis Makanan Penurun Asam Urat

Berbagai jenis makanan penurun asam urat yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Makanan penurun asam urat ini sangat aman dikonsumsi apabila sesuai aturan yang dianjurkan. Salah satu makanan penurun asam urat ialah kacang pinto. Kacang pinto ini mempunyai kandungan asam folat yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. Namun, perlu dibatasi jumlah asupannya. Selain kacang pinto ada juga biji bunga matahari. Biji bunga matahari, sehari-hari sering kita kenal sebagai kuaci. Biji bunga matahari dapat juga   menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Makanan penurun asam urat yang berikutnya ialah buah apel. Buah apel berguna untuk menetralkan asam urat karena di dalam apel terkandung asam malat yang cukup baik untuk penderita asam urat sehingga jika sering dikonsumsi akan mengurangi rasa nyeri asam urat pada tubuh. Buah ceri dapat juga   dijadikan sebagai makanan penurun asam urat. Buah ceri sangat dianjurkan untuk dimakan oleh penderita penyakit ini karena ceri mengandung zat antiinflamasi yang disebut dengan antosianin, khasiat antosianin yakni dapat menurunkan kadar asam urat. Selain itu, antosianin juga sangat bermanfaat untuk mencegah nyeri sendi dan peradangan. Untuk hasil yang lebih baik, konsumsilah ceri setiap hari sebanyak 200 gram. Selain itu, terdapat sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang dapat dijadikan sebagai makanan penurun asam urat. Dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat membantu mengurangi zat asam yang berlebih sehingga secara alami dapat membantu zat asam urat keluar melalui urine. Sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C ini contohnya seperti buah jeruk, sayuran hijau, lemon, dan tomat.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: asamurat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :