Ciri-ciri Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh

Ciri-ciri asam urat merupakan gejala yang khas yang menunjukkan gejala penyakit asam urat. Ciri-ciri asam urat menandakan kadar asam urat di dalam tubuh meningkat, bahkan parahnya bila gejala ini dibiarkan maka menyebabkan peradangan sendi dan terlihat persendian menjadi bengkak dan nyeri. Pada umumnya asam urat memiliki ciri seperti rasa sakit pada sendi, peradangan pada sendi, dan pembengkakan pada sendi. Memang pada asam urat, organ persendian menjadi objek penyerangan penyakit ini.


ciri-ciri asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch


Ciri-ciri Asam Urat Lainnya

Ciri-ciri asam urat lainnya, yaitu:
  • Pada bagian persendian akan terasa menjadi lebih nyeri, ngilu, linu, kesemutan, bahkan sampai membengkak dan berwarna kemerahan (radang). Hal ini terjadi sebagai akibat dari peradangan pada sendi sehingga sendi berwarna kemerahan, membengkak, bahkan  terasa sakit saat digerakkan;
  • Pada bagian sendi akan terasa nyeri pada pagi hari dan malam hari setelah bangun tidur. Hal ini akan terasa lebih nyeri pada malam hari pada saat beristirahat dan pada pagi hari selesai beristirahat;
  • Penderita penyakit asam urat akan mengalami serangan arthritis yang bersifat khas. Namun serangan arthritis akan menghilang tanpa diobati dalam kurun waktu kurang lebih 5-7 hari. Dikarenakan serangan arthritis yang mudah menghilang maka biasanya penderita penyakit asam urat ini mengira kakinya hanya keseleo atau terkena infeksi dan menganggap sebagai hal yang sepele. Namun, nyeri ini dapat terjadi secara berulang kali;
  • Ciri-ciri asam urat lainnya, yaitu penderita penyakit asam urat akan merasakan arthritis yang khas dalam jangka waktu yang semakin lama serta menyerang tidak hanya pada satu daerah persendian saja;
  • Penyakit asam urat yang tergolong parah maka akan menimbulkan tofus. Tofus ini merupakan benjolan yang terdapat pada sekitar persendian dan sering meradang. Tofus ini dapat berupa benjolan yang keras karena berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat.

Meredakan Ciri-ciri Asam Urat

Ciri-ciri asam urat yang timbul pada penderita penyakit asam urat dapat diredakan atau dikurangi gejalanya dengan beberapa cara. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam meredakan gejala asam urat ini ialah dengan menggunakan obat-obatan. Obat-obatan yang digunakan berupa obat kimia maupun obat herbal.

Selain meredakan gejala asam urat, pengobatan penyakit asam urat juga dilakukan dengan tujuan agar serangan gout tidak terjadi kembali dengan cara menurunkan kadar asam urat. Berikut obat-obatan kimia yang digunakan untuk meredakan gejala asam urat yaitu obat inflamasi nonsteroid (OAINS), kortikosteroid dan Allopurinol yang dapat menghambat enzim pengubah purin, Allopurinol membantu menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat enzim yang bertugas yang mengubah purin menjadi asam urat.

Selain itu, cara meredakan gejala dan menurunkan kadar asam urat dapat juga dilakukan dengan menerapkan pola gaya hidup sehat dengan menghindari makan dan minuman yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Menurunkan berat badan dengan diet atau olahraga dan banyak mengonsumsi air mineral.

Selain dengan cara-cara meredakan ciri-ciri asam urat dapat dilakukan dengan menggunakan pengobatan herbal. Pengobatan herbal yaitu dengan membuat ramuan yang berasal dari tanaman seperti jahe. Jahe diparut atau ditumbuk kemudian ditempelkan pada persendian yang terasa sakit. Tindakan ini dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan asam urat.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: Buku Hiperurisemia



Terima kasih untuk Like/comment FB :