Cara Menyembuhkan Asam Urat Tinggi

Cara menyembuhkan asam urat dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tentunya telah terbukti efektif untuk menyembuhkan penyakit asam urat ini. Pada umumnya orang yang menderita penyakit asam urat akan berusaha menyembuhkan asam urat dengan cara berobat ke dokter. Penderita penyakit asam urat akan diperiksa meliputi pemeriksaan anamnesa, pemeriksaan fisik, bahkan sampai ke pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kadar asam urat yang ada dalam darah. Apabila memang penderita asam urat benar-benar menderita penyakit asam urat maka dokter akan memberikan resep berupa obat-obatan penurun asam urat.



cara menyembuhkan asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch


Obat-obatan penurun asam urat ini harus diminum sesuai dengan aturan yang diberikan oleh dokter yang memeriksa. Selain itu, agar hasilnya optimal, maka pasien juga diharuskan menghindari berbagai makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darahnya. Menghindari makanan yang mengandung asam urat tinggi juga merupakan salah satu cara menyembuhkan asam urat. Makanan yang harus dihindari merupakan makanan yang mengandung purin yang tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa purin merupakan salah satu zat yang digunakan dalam menyintesis asam lemak.

Makanan yang mengandung purin sebagai contohnya ialah seperti jeroan hewan (limpa, ginjal, babat, hati , otak dan paru), makanan laut (udang, kerang, cumi-cumi, tiram, kepiting, remis, ikan teri, dan ikan sarden), makanan kaleng (sarden dan kornet), makanan ekstrak daging ( dendeng dan abon), makanan dari daging merah (daging kuda, sapi, kambing), kacang-kacangan (kacang tanah, dan lain-lain), buah-buahan (nanas, air kelapa, durian), makanan yang digoreng dan bersantan, sayuran (asparagus, kembang kol, bayam, jamur kuping, buncis, daun pepaya, daun singkong, dan kangkung), dan lain-lain.

Cara Menyembuhkan Asam Urat dengan Mengonsumsi obat Penurun Asam Urat

Cara menyembuhkan asam urat dengan mengonsumsi obat penurun asam urat. Obat penurun asam urat ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara menyembuhkan asam urat. Obat penurun asam urat ini dapat diperoleh melalui resep dokter. Pengobatan asam urat dengan menggunakan obat-obatan asam urat ini memiliki dua tujuan utama yaitu dalam hal meredakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit asam urat dan mencegah agar gejala tidak terulang kembali. Tentunya kedua tujuan  akan tercapai apabila dilakukan secara konsisten.

Salah satu obat yang dapat dijadikan sebagai obat asam urat ialah obat antiinflamasi nonsteroid. Obat ini biasanya akan diberikan oleh dokter pada keadaan asam urat baru pertama kali menyerang. Obat ini dapat mengatasi rasa sakit dan peradangan yang terjadi pada persendian. Obat antiinflamasi nonsteroid ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh penderita penyakit asam urat yang disertai dengan sakit ginjal atau penurunan fungsi ginjal dan sakit perut. Pemberian obat ini harus disesuaikan dengan kondisi dari penderita pada saat itu. Selain itu, obat antiinflamasi nonsteroid ini tidak boleh diberikan bersamaan dengan obat lain seperti obat penurun tekanan darah dan obat pengencer darah.

Selain obat antiinflamasi nonsteroid, terdapat obat lainnya yang dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan asam urat yaitu obat colchicine. Colchicine bisa digunakan sebagai pengganti obat antiinflamasi nonsteroid atau obat antiinflamasi nonsteroid tidak efektif dalam menangani serangan asam urat. Colchicine bekerja dengan mengurangi daya kristal natrium urat yang menyebabkan adanya peradangan pada sekitaran sendi atau sinovium sehingga rasa sakit akibat serangan asam urat pun bisa berkurang. Namun, apabila serangan asam urat tidak bisa diatasi dengan kedua obat maka bisa diberikan obat kartikosteroid. Obat ini tidak bisa digunakan oleh penderita yang mengalami gagal jantung, gangguan fungsi hati, dan gangguan fungsi ginjal.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: hariansehat.com dan alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :