Cara Mengatasi Asam Urat Secara Mudah

Cara mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan cara sederhana. Apabila dengan cara sederhana ini asam urat masih tidak dapat ditangani, maka lakukan cara yang lebih kompleks seperti mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Tentunya obat-obatan ini diperoleh dari pemeriksaan dokter yang dilakukan. Melalui pemeriksaan dokter, kita dapat memastikan apakah kita memang terkena penyakit asam urat atau tidak. Namun, sebelum melakukan cara yang lebih kompleks, kita dapat melakukan cara yang sederhana terlebih dahulu sebagai cara mengatasi asam urat apabila kita sudah mengetahui bahwa kadar asam urat tinggi.

Cara sederhana mengatasi asam urat ialah dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda bahwa dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari kita dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk asam urat.



cara mengatasi asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi yang tak lain adalah penyebab penyakit asam urat, sedangkan salah satu poin dari pola hidup sehat ialah mengatur pola makan. Pola makan diatur sedemikian rupa untuk menghindari berbagai penyakit termasuk di dalamnya penyakit asam urat. Khusus untuk menghindari penyakit asam urat maka makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung purin tinggi. Hal ini bukan hanya dapat dijadikan sebagai pencegahan, tetapi dapat juga dijadikan sebagai cara mengatasi asam urat pada penderita penyakit asam urat.

Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi asam urat dengan pola hidup sehat sebelumnya pernah disinggung dengan cara mengatur pola makan. Pola makan tertuju pada pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi untuk penderita penyakit asam urat ini. Berikut langkah atau cara mengatasi asam urat yang dapat dilakukan dengan pola hidup sehat, yaitu:  

  • Memperbanyak minum air putih
Dengan memperbanyak minum air putih setidaknya 8 sampai 10 gelas per hari dapat mengencerkan urine. Hal ini dapat menghambat proses penumpukan asam urat yang berlebih · Mengurangi makanan yang mengandung purin. Salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Sebaiknya mengurangi makanan yang bersumber dari protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan jeroan. Perbanyak mengonsumsi protein murni seperti putih telur, dan sumber protein yang mengandung sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.  

  • Menjaga berat badan
Menjaga berat badan dengan melakukan diet sehat dengan diimbangi olah raga yang teratur, kandungan asam urat yang berlebihan bisa larut dan dibuang oleh tubuh.  

  • Memakan makanan yang purin rendah
Makanan purin rendah merupakan pilihan sebagai makanan yang tepat untuk dikonsumsi penderita penyakit asam urat. Makanan yang tepat ini mengandung karbohidrat kompleks. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ialah buah–buahan, sayuran (bit, mentimun, daun selada, kentang dan zucchini) dan produk susu yang rendah atau bebas lemak.  

  • Menghindari makanan dan minuman yang manis
Makanan dan minuman yang mengandung fruktosa atau pemanis buatan dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat. Contoh dari minuman ialah soda dan jus kemasan. Maka dari itu, pilihlah jus alami tanpa gula apabila ingin mengonsumsi jus.  

  • Menghindari minuman beralkohol
Minuman alkohol adalah salah satu yang menyebabkan penyakit asam urat. Minuman beralkohol mengandung kalori tinggi yang dapat mengakibatkan berat badan meningkat.    


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: health.kompas.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :