Bahaya Asam Urat Tinggi Pada Tubuh

Bahaya asam urat akan terlihat setelah penyakit asam urat  menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit asam urat oleh kalangan masyarakat kita biasa dianggap penyakit yang ringan. Dianggap demikian karena masyarakat kita menganggap bahwa hal yang terjadi merupakan hal yang ringan seperti keseleo yang akan sembuh dengan sendirinya. Namun, pada penyakit asam urat jangan dianggap demikian karena rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit asam urat dapat hilang kemudian timbul lagi dengan rasa nyeri yang lebih parah. Apabila ini terjadi, dapat dianggap sebagai bahaya asam urat.

Bahaya asam urat dapat terjadi apabila penyakit asam urat yang dideritanya dibiarkan begitu saja. Pembiaran penyakit asam urat dalam jangka waktu yang lama ini menyebabkan terjadinya bahaya asam urat.



bahaya asam urat
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch


Bahaya asam urat yang paling parah dan dapat terjadi pada setiap penderita penyakit asam urat ialah gagal ginjal, bahkan sampai pada kematian. Bahaya asam urat berupa gagal ginjal ini terjadi sebagai akibat dari menumpuknya asam urat pada hati.

Bahaya Asam Urat Tinggi

Asam urat yang tinggi di dalam darah dapat membahayakan bagi kesehatan. Bahaya asam urat ini tidak hanya menimbulkan nyeri pada persendian, tetapi dapat juga memicu terjadinya kerusakan pada organ vital seperti pada ginjal. Organ vital seperti ginjal sangat berguna dalam membuang zat sisa hasil metabolisme dalam bentuk urine. Apabila ginjal ini terganggu atau rusak maka menyebabkan proses metabolisme zat sisa dapat terganggu juga. Misalnya saja pada seseorang yang menderita penyakit asam urat tinggi, maka yang dapat terjadi ialah penumpukan asam urat  di dalam ginjal sehingga apabila keadaan ini dibiarkan berlerut-larut maka menyebabkan terjadinya batu ginjal. Tentu saja apabila batu ginjal ini terjadi diperlukan tindakan operasi untuk penyembuhannya.

Batu ginjal merupakan salah satu akibat dari bahaya asam urat tinggi yang ditimbulkan. Selain itu, bahaya asam urat tinggi lainnya juga menyebabkan ginjal menjadi rusak. Ginjal dapat rusak karena batu ginjal yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam ginjal sehingga ginjal tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Apabila tidak dilakukan pengobatan dengan segera maka kejadian gagal ginjal ini menyebabkan penderitanya untuk melakukan cuci darah selama hidupnya atau melakukan transplantasi ginjal.

Seperti yang kita ketahui, biaya baik cuci darah maupun transplantasi ginjal sangat mahal. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari bahaya asam urat tinggi. Mencegah bahaya asam urat tinggi dapat dilakukan dengan hal yang sederhana seperti menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Penyakit asam urat terjadi karena disebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh yang berasal dari zat purin dalam makanan atau minuman. Oleh karena itu, penyakit asam urat bisa dicegah dengan mengurangi atau menghindari makanan–makanan yang mengandung purin dan mengonsumsi makanan–makanan yang dapat melancarkan pembuangan asam urat dalam tubuh. Berikut merupakan cara pencegahan asam urat di antaranya dengan menghindari makanan yang mengandung purin, menjaga berat badan agar tetap ideal, mencukupi kebutuhan air mineral dengan minimal minum 8 gelas air mineral setiap hari, menghindari minuman keras atau beralkohol, mengonsumsi makanan–makanan yang mengandung vitamin dan serat seperti sayur-sayuran dan buah–buahan.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: doktersehat.com dan alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :