Asam Urat Tinggi (Faktor Penyebab)

Asam urat tinggi merupakan penyakit yang menyebabkan penyakit asam urat atau disebut juga dengan rematik. Asam urat tinggi terjadi apabila kadar asam urat dalam tubuh melebihi kadar normal. Kadar normal asam urat pada wanita maupun laki-laki berbeda. Kadar asam urat pada wanita normalnya berkadar 2, 4 sampai dengan 5, 7 mg/dl, sedangkan kadar asam urat pada laki-laki normalnya berkadar 3, 7 sampai dengan 7 mg/dl. Asam urat tinggi terjadi sebagai akibat dari gangguan metabolisme asam urat dalam tubuh. Terjadinya gangguan terhadap asam urat dalam tubuh ini menyebabkan hiperurisemia. Hiperurisemia merupakan suatu kondisi asam urat tinggi dalam darah.

Asam urat tinggi dalam tubuh jika dibiarkan akan menyebabkan gout atau peradangan pada bagian sendi yang bersifat akut. Peradangan sendi ini disebabkan karena reaksi jaringan pada sendi akan mengakibatkan pembentukan kristal urat yang bentuknya mirip seperti jarum. Akibat pembentukan kristal urat seperti jarum ini terkadang penderita asam urat tinggi merasakan sakit atau linu pada bagian persendiannya.




asam urat tinggi
Alat cek asam urat multifungsi merek Nesco

Penyebab Asam Urat Tinggi

Secara fisiologis, asam urat di dalam tubuh berasal dari faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen ialah faktor yang berasal dari dalam tubuh seperti perombakan protein atau nucleoprotein jaringan terutama purin, sedangkan faktor eksogen merupakan faktor yang ada di luar tubuh seperti makanan yang mengandung sintesis nucleoprotein.

Berdasarkan asal dari asam urat, kita dapat mengidentifikasi bahwa terjadinya asam urat tinggi disebabkan karena tubuh tidak dapat memproses purin dengan baik sehingga terjadi peningkatan asam urat dalam darah. Terjadinya asam urat tinggi dalam darah dapat menyebar sampai ke luar sendi dan menyebabkan radang. Selain itu, penyebab utama asam urat tinggi yang berasal dari luar tubuh karena mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung kadar purin yang tinggi sehingga menyebabkan asam urat tinggi dalam darah.

Itulah dua penyebab utama yang secara umum menyebabkan kadar asam urat tinggi di dalam darah. Agar tidak berlanjut ke arah yang lebih parah seperti peradangan sendi, maka sebaiknya lakukan pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana seperti mengurangi makanan yang mengandung purin tinggi, bahkan menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Apabila dengan mengontrol makanan dengan menghindari makanan yang mengandung purin tidak memberikan hasil yang optimal, maka pilihan selanjutnya ialah mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Untuk mendapatkan obat-obatan yang dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah yang tergolong tinggi, maka pasien atau penderita penyakit asam urat terlebih dahulu harus melakukan pemeriksaan oleh dokter. Dokter akan memeriksa segala sesuatu yang berkaitan penderita asam urat seperti gejala yang dirasakan, riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, hingga pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kadar asam urat di dalam darah. Setelah terdiagnosis, dokter akan memberikan terapi berupa pemberian obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Ketika mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan asam urat dalam darah, penderita sebaiknya menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Dengan kedua cara ini, penurunan kadar asam urat dalam darah akan diperoleh secara optimal. Namun, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan kadar asam urat secara berkala untuk memantau kadar asam urat di dalam darah.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: health.kompas.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :