Asam Urat Normal Menurut Medis

Asam urat normal memiliki kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila kadar asam urat melebihi kadar asam urat normal, maka menyebabkan penyakit asam urat atau hiperurisemia. Hiperurisemia terjadi sebagai akibat penumpukan asam urat dalam darah. Apabila terjadi penyakit asam urat maka organ tubuh yang akan terganggu ialah organ persendian. Penyerangan penyakit asam urat pada organ persendian merupakan gejala awal dari timbulnya penyakit asam urat. Gejala yang dapat timbul dari penyakit ini ialah rasa sakit pada sendi, peradangan pada sendi, dan pembengkakan pada sendi. Asam urat normal terkandung dalam darah tubuh kita. Apabila kadarnya tidak melebihi kadar asam urat normal maka tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan.

Namun sebaliknya, apabila kadarnya melebihi nilai normal, maka akan sangat mengganggu kesehatan. Asam urat dalam tubuh membantu proses metabolisme. Namun, bila terjadi penumpukan maka bisa menyebabkan hiperurisemia dan peradangan pada persendian. Normalnya asam urat yang berlebih akan dikeluarkan melalui feses atau air urine. Apabila organ ekskresi terganggu seperti ginjal yang terganggu, maka asam urat ini akan mengendap pada persendian dan menyebabkan peradangan. Akibat dari adanya peradangan maka penderita penyakit asam urat akan merasakan nyeri pada persendian, kemerahan pada persendian, bahkan pembengkakan pada persendian.



asam urat normal
Alat cek asam urat multifungsi merek Easy Touch

Kadar Asam Urat Normal

Kadar asam urat normal pada wanita dan pria berbeda kadarnya karena pada umumnya penyakit asam urat ini lebih banyak menyerang pada pria dibandingkan pada wanita. Selain itu, penyakit asam urat banyak menyerang pada orang dengan lanjut usia, orang dengan obesitas, hiperlipidemia, dan faktor genetik keluarga yang memiliki riwayat penyakit asam urat.

Kadar asam urat normal pada wanita berkisar antara 2, 4 -5,7 mg/dl. Kadar asam urat normal pada pria berkisar antara 3, 7-7 mg/dl. Apabila diketahui bahwa kadar asam uratnya melebihi kadar asam urat normal maka dapat dipastikan bahwa orang terkena penyakit asam urat.

Kadar asam urat dapat diketahui melalui pemeriksaan kadar asam urat atau pemeriksaan asam urat. Pemeriksaan asam urat ini dapat dilakukan di klinik kesehatan atau rumah sakit. Pemeriksaan dapat dilakukan apabila terdapat gejala atau ciri-ciri dari adanya penyakit asam urat sehingga untuk menegakkan diagnosa dapat juga dilakukan di laboratorium.

Pemeriksaan kadar asam urat merupakan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah sehingga sampel yang diambil dan kemudian diperiksa adalah darah pasien. Darah yang diambil biasanya dari pembuluh darah perifer. Pada masa sekarang ini terdapat alat yang dapat mengukur kadar asam urat secara cepat dan tepat.

Cara menggunakan alat ini cukup dengan mengambil sampel darah dari pembuluh darah perifer seperti ujung jari lalu kemudian diletakkan pada stik asam urat dan stik dimasukkan dalam suatu alat pengukur dan hasilnya dapat terlihat pada layar alat pengukur.

Alat pengukur kadar asam urat ini sebaiknya dimiliki oleh penderita penyakit asam urat dalam mengontrol kadar asam uratnya. Alat ini berguna bagi penderita penyakit asam urat untuk memantau kadar asam uratnya sehingga apabila kadar asam uratnya tinggi maka penderita penyakit asam urat akan mengonsumsi obat-obatan penurun asam urat dan mengatur asupan makanannya sehari-hari untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.


Oleh: Bidan Ai
Editor: Adrie Noor
Sumber: Buku Hiperurisemia



Terima kasih untuk Like/comment FB :